blank
Ilustrasi sahur. Foto: Claudia

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Berbagai amalan ibadah di bulan yang suci ini akan dilipat gandakan pahalanya. Banyak beragam amalan ibadah yang bisa dilakukan untuk memperoleh pahala sebanyak banyaknya di Bulan Suci Ramadan, amalan ibadah yang identik dengan puasa adalah sahur.

Makan sahur merupakan kesempatan mengisi tubuh dengan energi, sel-sel tubuh yang bekerja membutuhkan energi yang berasal dari glukosa darah. Selain menunda rasa lapar dan menghindari kelesuhan selama puasa, manfaat sahur juga menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil.

Dilansir dari Suara.com, sahur mempunyai banyak manfaat khususnya dalam mendukung ibadah puasa, maka dari itu sangat penting bagi orang yang akan menjalankan ibadah puasa untuk sahur.

Karena besarnya manfaat sahur, berikut 6 tips agar tidak terlambat bangun sahur:

Baca Juga: Tips Diet Selama Bulan Puasa

1. Tidur lebih awal atau lebih cepat

Bagi yang senang begadang atau tidur larut malam, agar tidak terlambat bangun sahur bisa dicoba untuk tidur lebih awal atau tidur lebih cepat.

Dengan tidur yang dilakukan lebih awal maka kemungkinan terlambat bangun sahur akan teratasi. Dengan melakukan tidur lebih awal atau lebih cepat misalnya jam sembilan, maka ketika akan bangun sahur akan lebih mudah dan tidak berat.

2. Atur makan setelah berbuka puasa

Berpuasa, menahan lapar mungkin akan mengakibatkan terjadinya lapar mata, sehingga mengumpulkan banyak jenis makanan untuk disantap saat berbuka puasa.

Tapi ada yang perlu diketahui, meskipun sedang berpuasa tubuh tetap membutuhkan asupan makanan yang sama, dan asupan tersebut bisa dipenuhi atau diberikan saat sahur atau saat berbuka puasa.

Baca Juga: Daftar Makanan Usir Bau Mulut Saat Bulan Puasa

3. Letakkan alarm jauh dari tempat tidur

Untuk bisa bangun sahur, kita bisa mengandalkan alarm, tetapi jika alarm tersebut terletak tidak jauh dari kasur atau tempat tidur yang menjadikan alarm tersebut mudah dijangkau ketika alarm tersebut berbunyi maka letak alarm bisa dipertimbangkan lagi.

Tips berikutnya adalah coba letakkkan alarm pada posisi jauh dari tempat tidur, sehingga ketika alarm berbunyi maka dibutuhkan bangun dari tempat tidur yang hal ini dapat bermanfaat untuk mencegah terlambat bangun tidur. Sehingga tips ini bisa diterapkan ketika akan merencanakan agar bangun sahur tidak terlambat

4. Hindari minuman yang mengandung kafein

Beberapa faktor orang mengalami kesulitan tidur saat malam hari adalah konsumsi minuman yang mengandung kafein. Contoh minuman yang mengandung kafein adalah kopi dan teh, lebih baik hindari minuman ini jika menginginkan atau merencanakan tidur lebih awal.

Jika memang suka minuman yang mengandung kafein coba konsumsi saat sahur, hal ini karena dapat bermanfaat untuk menjaga aktivitas setelah sahur agar tidak kembali mengantuk.

Baca Juga: Menelan Sisa Makanan Nyempil di Gigi, Batalkah Puasanya?

5. Siapkan menu yang diinginkan saat sahur

Tips ini bisa dipakai agar lebih mudah bangun saat sahur, dengan merencanakan menu makanan yang akan disantap atau dikonsumsi ketika sahur akan menjadi motivasi dan dorongan untuk dapat menjalankan sahur.

6. Kurangi bermain HP saat akan tidur

Bermain HP atau ponsel saat akan tidur akan membuat keadaaan tubuh menjadi tetap terjaga. Fasilitas yang ada di dalam ponsel, seperti internet, bermain game, melihat toko online, dan lain sebagainya dapat mempengaruhi keadaan bagi orang yang merencanakan tidur lebih awal, karena aktivitas yang dilakukan pada ponsel atau HP tersebut membuat orang betah berlama-lama untuk bermain HP dan menjadikan rasa kantuk tidak kunjung hadir.

Maka dari itu kurangi aktivitas bermain HP saat akan tidur. Itulah 6 tips agar tidak terlambat bangun saat sahur, semoga bermanfaat!

Claudia