blank
Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Dr A Yuspahruddin memberikan penguatan pegawai Lapas Besi Nusakambangan. Foto: Dok/Kanwil

NUSAKAMBANGAN (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Dr A Yuspahruddin menyebut, ada 3 kunci sukses dalam bekerja.

“Yakni karakter, kompetensi dan literasi,” ujarnya, saat memberikan penguatan kepada pegawai Lapas Kelas IIA Besi Nusakambangan, Selasa (28/3/2023).

Yuspahruddin menjelaskan, untuk menjadi sukses, seseorang harus memiliki karakter yang baik dan seimbang. “Ada karakter moral dan karena kinerja. Semua harus baik, beriringan dan seimbang,” kata Yuspahruddin.

Menurutnya, karakter moral misalnya, harus sopan, jujur, dan rendah hati. “Di sini lain, karakter kinerja diperlihatkan dengan sikap yang rajin, disiplin, bekerja keras dan tuntas. Jadi harus beriringan, harus imbang. Misalnya orang yang jujur, dia juga harus bekerja keras untuk mencapai kesuksesan. Tidak bisa orang yang malas,” ungkapnya.

Dikatakan, sukses kedua yaitu kompetensi. Kakanwil mengajak jajarannya untuk kritis dalam bekerja. “Orangnya harus kritis. Harus inovatif, komunikatif dan kolaboratif. Harus benar-benar memahami pekerjaan. Logikanya, bagaimana kita bisa memberikan pelayanan terbaik, kalau kita tidak memahami apa tugas kita,” tuturnya.

Kakanwil juga mengarahkan untuk tidak takut menyampaikan ide, usulan dan kreativitas. Yuspahruddin mendorong pegawai Lapas Besi untuk memperbanyak literasi dan keilmuan.

“Harus banyak belajar, banyak membaca,
punya pengetahuan yang luas. Pelajari semua yang berkaitan dengan tugas dan fungsi. Harus memahami budaya. Intinya perbanyak ilmu pengetahuan,” tandasnya.

Sebelumnya, Yuspahruddin melakukan monitoring ke ruang dapur dan ruang hunian. Dia banyak menyoroti masalah terpenuhinya hak-hak warga binaan, khususnya terkait bahan makanan.

Pada kesempatan itu, Kakanwil didampingi Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto yang diikuti Kepala UPT se-Nusakambangan.

Ning S