blank
Ganjar Milenial Center (GMC) Jawa Tengah menggelar kegiatan public speaking di Kabupaten Klaten. Foto: Dok/GMC

KLATEN (SUARABARU.ID) – Pendidikan memiliki peranan penting dalam memunculkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Untuk mencapainya, dibutuhkan beberapa kemampuan, diantaranya adalah keterampilan public speaking.

Berdasarkan data yang dirilis Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, dapat disimpulkan bahwa kesuksesan seseorang itu 80 persen dipengaruhi oleh kemampuan soft skill (interpersonal dan intrapersonal), sisanya 20 persen didapatkan melalui hard skill.

Melatarbelakangi hal tersebut, Ganjar Milenial Center (GMC) Jawa Tengah berinisiatif menggelar kegiatan public speaking yang menggandeng kelompok karang taruna Desa Widosari, Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU), dan Oemah Sambung di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada Selasa (28/3/2023).

Koordinator Wilayah (Korwil) GMC Jawa Tengah, Aris Lukmana Putra menerangkan, soft skill ini sangat penting untuk menentukan keberhasilan para pemuda dalam memiliki keterampilan komunikasi, kepercayaan diri dan membangun relasi dalam dunia usaha maupun kerja.

“Public speaking merupakan salah satu soft skill wajib yang dimiliki anak muda, karena dapat memudahkan jalan untuk mendapatkan berbagai kesempatan di masa yang akan datang,” kata Aris.

Aris mengatakan, public speaking di era saat ini merupakan sarana dalam menyampaikan persoalan dan isu yang beredar di masyarakat.

“Sangatlah penting memiliki kemampuan public speaking, untuk meningkatkan kesadaran dan mempengaruhi orang lain terkait persoalan yang dihadapi,” ungkapnya.

“Pelatihan ini menjadi wadah belajar bagi anak muda yang menyukai public speaking, terutama dalam menyampaikan aspirasi kepada pemerintah misalnya,” tambah Aris.

Aris berharap kehadiran GMC di Jawa Tengah ini mampu berkontribusi terhadap pembangunan kualitas pemuda yang inovatif dan kreatif.

“Kami berharap dengan kegiatan public speaking ini bisa merubah paradigma pemuda tentang public speaking yang seolah-olah sulit untuk dipelajari. Juga menjadikan para pemuda Jawa Tengah yang unggul,” terangnya.

Menurut Aris, GMC berupaya untuk terus memgoptimalkan komunitasnya sebagai sarana dalam memperkuat posisi Ganjar Pranowo di Jawa Tengah, dengan melakukan program menarik dan interaktif yang melibatkan pemuda secara masif.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya mengundang Wakil Ketua 2 Bidang Eksternal Bem Pusat UIN, Raden Mas Said Surakarta Periode 2020-2021, dan Evril Syahrial sebagai narasumber.

Dalam pelatihan public speaking sendiri ditutup dengan doa dan buka bersama oleh seluruh peserta yang hadir.

Ning S