blank
Ilustrasi memberi ucapan Idul Fitri yang benar menurut Islam. Foto: Dok/Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Umat Islam tengah menjalani ibadah puasa Ramadan 1444 H. Tidak lama lagi seluruh umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Apakah kamu tahu, bagaimana ucapan Idul Fitri yang benar menurut Islam? Apakah benar ucapan Idul Fitri menurut Islam itu dengan “Minal Aidin Wal Faizin”? Simak penjelasannya!

Sebentar lagi umat Islam akan memperingati Hari Raya Idul Fitri 1444 H yang penuh rahmat dan karunia dari Allah SWT. Salah satu cara untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri adalah dengan memberikan ucapan kepada satu sama lain.

Umat Islam harus mengetahui cara memberikan ucapan di Hari Raya Idul Fitri yang benar, karena masih ada beberapa kesalahan dalam penerapannya.

Lantas, bagaimana cara memberikan ucapan Idul Fitri yang benar menurut Islam? Dilansir dari Suara.com, ini ucapan Idul Fitri yang benar menurut Islam.

Ucapan Taqobbalallahu minna wa minkum

Dikutip dari laman muslim.or.id, dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah SAW berjumpa dengan hari Eid (Idul Fitri dan Idul Adha), satu sama lainnya mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.

Sementara itu Imam Ahmad rahimahullah, pernah berkata, “Tidak mengapa (artinya: boleh-boleh saja) satu sama lain di hari raya ‘ied mengucapkan: Taqobbalallahu minna wa minka”

Selain itu, ada Ibnu Aqil yang menceritakan beberapa hadist mengenai ucapan selamat Eid. Di antara hadist tersebut dari Muhammad bin Ziyad, ia berkata, “Aku pernah bersama Abu Umamah Al Bahili dan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lainnya. Jika mereka kembali dari ‘ied (yakni shalat ‘ied, pen), satu sama lain di antara mereka mengucapkan, ‘Taqobbalallahu minna wa minka”.

Setelah mengetahui ucapan Idul Fitri yang benar menurut Islam, lantas bagaimana hukum mengucapkannya?

Syeikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin rahimahullah pernah ditanya, “Apa hukum mengucapkan selamat hari raya? Lalu adakah ucapan tertentu kala itu?”

Beliau menjawab, “Ucapan selamat ketika hari raya ‘ied dibolehkan. Tidak ada ucapan tertentu saat itu. Apa yang biasa diucapkan manusia dibolehkan selama di dalamnya tidak mengandung kesalahan (dosa).

Kesimpulannya, ucapan Hari Raya Idul Fitri itu bebas, bisa menggunakan kata “Selamat Hari Raya”, atau juga bisa Taqobbalallahu minna wa minkum. Ucapan Taqobbalallahu minna wa minkum ini bisa digunakan saat Idul Fitri maupun Idul Adha.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai ucapan Idul Fitri yang benar menurut Islam yang dapat kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Ning S