blank
Di setiap malam pada Bulan Suci Ramadan, digelar acara tadarus di Masjid Al Falah, Kampung Madyorejo, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.(Dok.Begug SW/Masjid Al Falah)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Di Bulan Suci ini, Takmir Masjid Al-Falah di Kampung Madyorejo RT 1/RW 7, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, menggelar acara Gebyar Ramadan 1444 H/2023 M. Event ini, dikemas dengan tajuk Mumpung Ramadhan Ayo Podo Golek Dalan Padhang (Selagi Ramadan Mari Mencari Jalan Terang).

Tokoh masyarakat Sukoharjo, Begug SW, semalam, mengabarkan, event tersebut berlangsung semarak. Ditandai pemasangan spanduk, umbul-umbul dan ratusan rontek, serta pemasangan lampu hias warna-warni. Baik di komplek masjid yang berada di sebelah barat SMA negeri 1 Sukoharjo, maupun di sepanjang Ruas Jalan Semeru yang melintang di depannya.

Ketua Takmir Masjid Al-Falah, Ir Rudy Setyohadi, menyatakan, telah mempersiapkan program menarik, satu diantaranya launching warung makan gratis ”Warmindo Pejuang Masjid Al Falah.”

Warung ini menyediakan berbagai macam menu bakmi instan dan beragam minuman. Jamaah bisa makan dan minum di tempat secara gratis, dengan cara memasak sendiri sesuai yang menjadi seleranya, dengan syarat setelah selesai harus mencuci peralatan dan mengembalikanya di tempat semula secara rapi.

Buka Bersama

Pelayanan di Warmindo buka mulai bakda Tarawih sampai makan Sahur. Setiap hari, di masjid tersebut juga diadakan berbuka puasa bersama. ”Alhamdulillah yang hadir setiap petang kurang lebih 100 sampai 130 orang,” jelas Rudy Setyohadi.

Khusus Hari Ahad sore, diadakan kajian menjelang berbuka puasa bersama. Materi kajian bervariasi, di Ahad pertama tentang Syiroh Nabawiah, Ahad kedua tentang Al Islam, untuk Ahad ketiga masalah Aqidah dan Ahad yang keempat akan membedah buku Riyadus Sholihin. Untuk spesial tabligh akbar, tambah Rudy, Insha Allah akan menghadirkan Syeikh Anas Jaber.

Dalam kegiatan di Bulan Ramadan, melaksanakan Salat Tarawih dan Kultum dengan mengahdirkan sejumlah Imam Muda dari Pondok Tarbiyatul Ummah. Juga melaksanakan salat subuh berjamaan disertai Kultum, tadarus seusai salat Tarawih yang dilakukan secara berkelompok. Yakni kelompok anak-anak, remaja, ibu-ibu dan bapak-bapak, termasuk dibuka kesempatan belajar Iqro’.

Bambang Pur