blank
Tristan Alfian sedang memaparkan pentingnya desain kemasan.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Diskopumkmkertrans)  Kabupaten Jepara belum lama ini melakukan pendampingan pembuatan kemasan produk makanan untuk UMKM .

Kegiatan yang diselenggarakan di Kantor Kelurahan Kauman Kabupaten Jepara beberapa waktu yang lalu ini menggandeng mitra UMKM di kelurahan tersebut dan pengurus Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) Kauman.

Pendampingan langsung dilakukan oleh Dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara, Tristan Alfian S. Sn., M.Sn. Dalam kesempatan itu,Tristan, panggilan akrabnya mengatakan, diselenggarakannya bimbingan teknis pembuatan kemasan UMKM makanan tradisional ini diharapkan mampu memberikan daya tarik konsumen dan menaikan ekonomi.

“Dengan kemasan yang baik dan menarik UMKM makanan tradisional yang dihasilkan para produsen di Jepara bisa bersaing dipasaran”, kata Tristan.

“Sampai saat ini masih banyak produsen makanan tradisional belum mengemas produknya dengan baik. Belum mencerminkan kekhasan kota Jepara, belum memiliki daya tarik dan masih cenderung sama dengan kemasan UMKM makanan tradisional yang beredar di pasaran”, terangnya di hadapan para peserta pelatihan.

Lebih jauh Tristan menjelaskan bahwa desain kemasan makanan tradisional yang menarik dan mempunyai nilai estetis (keindahan) serta dapat mencerminkan kekhasan Kota Jepara akan menjadikan makanan tradisional warga Kauman ini lebih dikenal oleh para konsumen.

“Kemasan yang menarik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen dan dapat menaikan harga jual, meskipun makanan tradisional”, pungkas Tristan.

ua