blank
Chef de Mission kontingen Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim meninjau pelatnas tim Anggar.

JAKARTA (SUARABARU.ID)-Chef de Mission kontingen Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim mengatakan, pihaknya mengajak seluruh stakeholders fokus memberikan perhatian yang terbaik kepada skuad tim nasional anggar. Hal tersebut diungkapkan Lexyndo usai mengunjungi pemusatan latihan nasional timnas anggar di Pusdiklat Mapim Badiklat Kejaksaan RI, Jakarta Timur, Jumat (24/3).

Menurutnya, kehadiran tim CdM dalam pelatnas anggar ini sebagai langkah untuk mengetahui sejauh persiapan atlet yang akan berangkat ke Kamboja. Maka dari itu, Lexy, panggilan akrabnya, menegaskan, tim CdM perlu mendengarkan apa yang dibutuhkan oleh atlet.

“Kehadiran kami CdM dengan tim untuk melihat persiapan atlet-atlet anggar untuk membela Indonesia di SEA Games nanti. Kami hadir di sini untuk melihat, menyaksikan, keliling, dan berkomunikasi dengan adik-adik tentang persiapan, termasuk manakala ada beban psikologi, ataupun terkait konsumsi makanan yang disiapkan oleh tim pelatnas sehingga mereka hanya untuk fokus berprestasi, bertanding, dan bertarung di SEA Games nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut, Lexy menambahkan, tim CdM tentunya akan memberikan perhatian yang terbaik selama timnas anggar berada di Kamboja pada saat SEA Games 2023. Bahkan, katanya, tim CdM sudah memetakan beberapa faktor yang sekiranya bakal menjadi hambatan agar dapat diminimalisir.

“Kami fokus memberikan perhatian dan hal non-teknis ketika mereka tiba di Kamboja. Kita coba perhatikan faktor-faktor yang kira-kira menjadi hambatan-hambatan atau keluhan atlet di negara lain. Jadi, kami fokus satu hal itu,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI), Dr. Masyhudi SH. MH, mengatakan bahwa timnas anggar tidak hanya akan menjalani pemusatan latihan di dalam negeri saja menjelang SEA Games 2023. Mereka juga tengah bersiap menjalani pemusatan latihan di Hungaria sebelum berangkat ke Kamboja. Bahkan, selepas SEA Games 2023, skuad timnas anggar Indonesia tetap balik lagi ke Hungaria sebagai program jangka panjang demi mengembalikan kejayaan.

“Pengiriman Timnas Anggar Indonesia ke Hungaria bukan hanya untuk menghadapi SEA Games 2023 Kamboja, tetapi juga Asian Games 2023 Hangzhou dan babak kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Ini merupakan program pembinaan jangka panjang PB IKASI dalam upaya mengembalikan kejayaan anggar Indonesia ke depan,” ucap Masyhudi.

“Saya minta seluruh atlet fokus menjalani program latihan dan memanfaatkan TC di Hungaria sebaik mungkin dalam upaya meraih prestasi di SEA Games 2023 Kamboja nanti,” sambungnya.

Manajer Timnas Anggar Indonesia, Eka Widiastuti menyatakan pengiriman Ricky Dhisullimah dan kawan-kawan ke Hungaria dengan tujuan agar tidak mengulang kejadian di SEA Games 2021 Vietnam, karena anggar menjadi satu-satunya cabor yang tidak mampu menyumbangkan medali.

“Sebenarnya kita ditargetkan 1 medali emas tetapi kita berusaha meraih 2 medali emas dari 12 emas yang diperebutkan di Kamboja nanti. Dan, saya yakin target itu bisa dipenuhi apalagi mereka yang diberangkatkan adalah atlet terbaik dan punya potensi ke depan. Mereka hanya butuh pengalaman bertanding internasional lebih banyak saja untuk bisa menjadi yang terbaik,” tegas Eka.

“Mereka akan kita ikutkan Grand Prix untuk meraih poin dalam upaya meraih tiket ke Olimpiade 2024 Paris. Makanya, ┬ámereka tetap berada di Hungaria agar tidak tertinggal dalam meraih poin di Grand Prix untuk meraih tiket ke Paris,” tuturnya.

Skuad Timnas Anggar Indonesia di SEA Games 2023

Manajer Tim: Eka Widiastuti
Koordinator Pelatih: Cucu Sundara
Pelatih Kepala: Lucky Ramadhani
Analisis Performa: Olfi Rumuat
Pelatih Sabre: Rully Maulidhani
Pelatih Epee: Agustinus Pieter Manuhutu

Atlet

Sabre/Sable Putra
1. Ricky Dhisullimah
2. M Irfandi Nurkamil
3. Dita Afriadi

Foil/Floret Putri
1. Leoda Lundy Winona

Epee/Degen Putra
1. Indra Jaya Kusuma
2. Joneska Pitera Anggera
3. Anggi Wiliansyah

Muhaimin