blank
Polisi memberi pesan moral kepada orang tua murid SMP 2 Grabag, Kabupaten, Magelang, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Polsek Grabag, Polresta Magelang, melakukan pembinaan karakter dan ketertiban, kepada ratusan orang tua siswa SMP Negeri 2 Grabag, di sekolah setempat, Sabtu (25/3/2023).

Kegiatan yang dipimpin Kapolsek Grabag AKP Slamet Mulyanto, didampingi  Kanit Binmas Aipda Budiyono dan Bhabinkamtibmas Aipda Sumardjono. Juga diikuti Kepala SMP 2 Grabag, perwakilan guru, serta 806 orang tua siswa.

Materi yang disampaikan tentang fonomena perilaku pelajar Magelang belakangan ini. Antara lain tindak pidana yang dilakukan pelajar di wilayah Kabupaten Magelang dan Kecamatan Grabag.

Kapolsek Grabag menegaskan, akan memproses secara hukum terhadap semua tindak pidana yang dilakukan oleh para pelajar. Biarpun dalam katagori masih di bawah umur. “Baik kriminalitas maupun narkoba,” ungkapnya.

Dia mengajak orang tua siswa  untuk selalu mengawasi setiap keberadaan, kegiatan dan pergaulan anak- anaknya. “Berilah contoh anak dalam kehidupan sehari-hari maupun tertib berlalu lintas,” ujarnya.

Juga diminta membatasi kegiatan anak pada malam hari. Karena dampak dari kegiatan malam adalah bisa sebagai korban atau sebagai pelaku kejahatan. “Selalu cek handphone dan berikan sosialisasi bijak dalam bermedia sosial, serta sering geledah kamar anak- anak, jangan sampai tersimpan benda-benda yang berbahaya,” imbuhnya.

Ditandaskan, orang tua jangan takut untuk menegur atau menasihati anaknya, apabila melakukan kesalahan. Itu demi kebaikan anak  sebagai generasi penerus bangsa dan negara. “Maka dari itu pembinaan serta pengawasan tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah, namun semua pihak baik sekolah, orang tua juga tokoh masyarakat, tokoh agama serta unsur pemerintah ikut bertanggung jawab dalam pembinaan,” terang Kapolsek.

Di akhir acara, orang tua siswa dipersilakan mencatat nomor call center Polsek Grabag, yakni: 081398570008. Dengan harapan agar orang tua siswa dapat memberikan informasi yang berhubungan dengan Kamtibmas.

Eko Priyono