blank
Kapolresta Magelang berdialog dengan warga, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Dalam rangka kegiatan Jumat Curhat, Polresta Magelang menyapa masyarakat di BUMDes Talang Londo, Dusun Kaligaleh, Desa Kalijoso, Secang, Kabupaten Magelang, hari ini Jumat (24/3/2023) siang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono beserta pejabat utama dan para Kasat Polresta Magelang, Kapolsek Secang beserta Muspika setempat, juga warga dan tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu Kapolresta Magelang berbincang mengenai berbagai hal. Seperti tentang keluhan keselamatan anak-anak saat bersekolah, keinginan warga memperoleh bantuan lampu penerangan jalan dari pihak pemerintah, hingga keinginan warga agar polisi bisa terjun sampai dengan kalangan yang paling bawah.

“Dengan adanya informasi yang marak akhir-akhir ini bahwa anak sekolah pergaulannya melebihi dari batasnya, serta kejadian aksi tawuran, kami akan lebih mengawasi pergaulan anak di luar jam sekolah. Namun demikian mohon bantuan untuk dibantu pengawasannya, mengingat di luar rumah, kami tidak mengetahui apa saja yang dilakukan anak-anak kami,” kata salah satu warga bernama Subianto.

Selain menyampaikan keluhannya, warga masyarakat Desa Kalijoso juga memberikan apresiasinya kepada Polri, terkait kehadiran Bhabinkamtibmas di tengah masyarakat yang memang sering mengunjungi warga. “Namun saat ini petugas yang bersangkutan sedang mengikuti pendidikan, warga menginginkan segera digantikan oleh petugas baru yang bisa aktif mendampingi warga seperti sebelumnya,” kata Kades Kalijoso, Aswari.

Kombes Pol Ruruh menyatakan sangat berterima kasih kepada warga masyarakat. Di tengah kesibukannya, masih memikirkan anak-anak mereka khususnya yang masih pelajar. “Untuk petugas Bhabinkamtibmas yang saat ini sekolah, akan segera kami carikan penggantinya,” ungkapnya.

Kapolresta mengapresiasi warga yang masih memikirkan keselamatan anak-anaknya saat berangkat dan pulang sekolah. Selanjutnya atas masukan terkait seringnya terjadi kecelakaan di sekitar sekolah, juga akan diperhatikan.

Termasuk, terkait permintaan warga agar Polri bisa menjembatani tentang permintaan bantuan penerangan jalan guna mengurangi kecelakaan lalu lintas, Kapolresta Magelang berjanji akan meneruskan kepada pemkab setempat.

Camat Secang, Khoirul Anwar, yang hadir dalam acara itu mengatakan, terkait lampu penerangan jalan umum (LPJU) Payaman-Windusari, maka pihak Kecamatan Secang akan memaksimalkan usaha penerangan jalan. Yakni akan berkoordinasi dengan Bappeda. “Namun untuk jalan yang masuk wilayah Windusari, kewenangannya tetap berada di bawah naungan Pemerintah Windusari,” jelas Camat Secang.

Di akhir pertemuan Jumat Curhat itu Kapolresta Magelang memberikan bantuan Sembako berupa beras dan minyak goreng kepada warga. Dalam hal ini kepada tukang ojek dan pemecah batu.

Eko Priyono