blank
Pelaku UMKM membuka kuliner Ramadan di Jalan Ampera (Kurma), Kebumen, Kamis 23/3(Foto:SB/Kelurahan Kebumen).

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Meramaikan Bulan Ramadan 1444 H atau 2023, kaum muda dan wargan RW VI Kelurahan Kebumen, menggelar pasar Kuliner Ramadan Ampera (Kurma) dengan menggandeng para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Kegiatan yang didukung penuh Pemerintah Kelurahan Kebumen itu menyelenggarakan street food dengan nama kegiatan Kuliner Ramadan Ampera (Kurma#1), karena berlokasi di sekitar Jalan Ampera, Kota Kebumen.

Konsep penjualan Kurma#1 ini memasarkan produk-produk kuliner Takjil Ramadan, yang menjual berbagai makanan, jajanan, minuman khas Ramadan dan lainnya. Dengan harapan kegiatan ini akan menumbuhkembangkan pelaku usaha, khususnya UMKM pasca pandemi Covid-19, dan akan terus berkelanjut di masa mendatang.

blank
Lurah Kebumen Juniadi Prasetyo membuka Kuliner Ramadan Ampera, Kamis 23/3.(Foto:SB/Kelurahan Kebumen)

Jalan Ampera menjadi pusat jajanan atau street food selama Bulan Ramadan 1444 dan seterusnya. Untuk menambah kemeriahan, juga diisi hiburan dengan live music yang dibawakan oleh grup band Dody and Friend.

Lurah Kebumen Juniadi Prasetyo yang membuka kegiatan didampingi Ketua RW 6 Hanrawan Yudianto, Ketua Kurma#1 Heri Supriyanto dan masyarakat sekitar Jalan Ampera. Lurah Kebumen mengapresiasi kegiatan tersebut. Juniadi Prasetyo juga berharap melalui pasar kuliner takjil Ramadan dapat mendongkrak perekonomian, terutama di wilayah seputaran Jalan Ampera.

“Saya mengajak warga di wilayah perkotaan di RW VI dan masyarakat Kelurahan Kebumen untuk ikut menyukseskan kegiatan Kurma ini dengan berbelanja di tempat tersebut selama bulan Ramadan setiap sore hingga petang,”ujar Juniadi yang membuka acara dengan menabuh drum.

Sedangkan Ketua Panitia Kurma #1 Heri Supriyanto menyatakan, kegiatan ini didukung keluarga masyarakat RW VI Kebumen dan secara umum warga Kelurahan Kebumen. Menurut Heri, kegiatan Kurma 2023 ini bertujuan meningkatkan pendapatan perekonomian pelaku UMKM di wilayah RW VI, secara umum di wilayah Kelurahan kebumen.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Lurah Kebumen yang telah mendukung kegiatan kami, juga kepada seluruh masyarakat, khususnya di RW VI dan kepada seluruh sponsorship yang telah mendukung kesuksesan kegiatan Kurma 2023, dan semoga ke depannya kita akan lebih baik lagi,”ucap Heri.

Komper Wardopo