blank
Pemotongan tumpeng oleh Nurjanah, SH. MH diserahkan kepada Dra Etty Laksmiwati, MM dalam kegiatan pengukuhan Paguyuban Lansia Bahagia Yuswa Kencana. Foto: Dok/Hm

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Walikota Semarang yang diwakili Nurjanah, SH.MH melakukan pengukuhan Paguyuban Lansia Bahagia Yuswa Kencana.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Neo Candi Simpang Lima Semarang itu ditandai dengan pemotongan tumpeng pada Senin (20/3/2023).

“Lansia yang menjadi anggota di perkumpulan ini akan selalu diajak berpikir positif dengan mengajak hidup bahagia, melakukan kegiatan yang membuat merasa senang dan berguna di usia lanjut,” kata Dra Etty Laksmiwati, MM selaku Ketua Umum Yuswa Kencana Jateng.

Berbeda dengan perkumpulan lansia pada umumnya, paguyuban ini merupakan wadah bagi lansia yang ingin menjadi bahagia, nyaman dan bermanfaat bagi sesama. Menurutnya, paguyuban ini akan membuat anggota berpikiran menjadi lansia Itu asyik dan nikmat.

“Paguyuban membahas tentang sehat dan kebugaran, bukan penyakit dan sakit. Tidak hanya membahas tentang larangan ini itu, tapi tentang hal yang menjadikan mereka menikmati hidup dengan gembira,” tukasnya.

Walikota dalam sambutannya mengatakan, sejauh ini di Kota Semarang dibentuk Komda Lansia di 16 kecamatan dan 177 kelurahan. Lansia Kencana merupakan langkah yang sangat penting guna mewadahi aktivitas dan kebutuhan masyarakat lanjut usia.

Peran dan sumbangsih lansia diharapkan mampu menghasilkan karya yang bermanfaat bagi pelaksanaan program sosial selaras dengan upaya Pemkot meningkatkan kesejahteraan lansia.

“Delapan hak lanjut usia untuk meningkatkan kesejahteraan sosial meliputi pelayanan keagamaan dan mental spiritual, kesehatan, kesempatan kerja, pendidikan dan pelatihan, kemudahan dalam penggunaan fasilitas, sarana – prasarana umum, kemudahan dalam layanan dan bantuan hukum, perlindungan sosial, bantuan sosial,” tambahnya.

Sementara itu untuk pengurus Yuswa Kencana tingkat Jateng, sebagai Ketua Umum, Dra Etty Laksmiwati, MM, Ketua I dan 2 Moch Fathoni, SE dan Dra Widiati Soeroto, MSi, Sekretaris, Rusdah Yossie Rahman, SE dan Febiana A Fathoni, AMd.

Selanjutnya Bendahara, Ir Dwy Julie H Malik dan Diah Indri SSos, Bidang Kesehatan, dr Devita Diatri, MBioMed, Bidang Olahraga, Any Setyowati dan Sri Sunarini Munarto, Publikasi, Joko Susanto, Religi, Dra Hj Sri Tantowiyah, MPd, Sekretariat Hotel Aston Pandanaran, Jalan Pandanaran No 40.

Ning Suparningsih