blank
Kapolsek Grabag, Polresta Magelang, memberi arahan pelajar SMA setempat, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Kapolsek Grabag, Polresta Magelang,  AKP S Mulyanto, mengajak pelajar menghindari segala tindakan yang menimbulkan konflik dengan hukum. Hal itu ditandaskan saat menjadi inspektur upacara di SMK Negeri 2 Grabag, Magelang, Senin (20/3/2023).

Kapolsek mengatakan, belakangan ini marak kasus kejahatan jalanan seperti pengeroyokan hingga tawuran. Pelaku dan korbannya melibatkan remaja dan masih berstatus pelajar. Maka diimbau untuk tidak berkonflik dengan hukum.

AKP Mulyanto juga menyampaikan bahwa awal terjadinya aksi kekerasan seperti itu bersumber dari konten penggunaan media sosial yang tidak baik. Maka pelajar harus bijak dalam menggunakan media sosial.

“Ketika menggunakan Handphone (Hp) jangan mengunggah konten yang tidak baik. Apalagi konten ajakan berbuat hal negatif, seperti tantang-tantangan. Karena konten seperti itulah awal terjadinya perkelahian maupun tawuran anatarpelajar,” tegasnya.

Selain menghindari penggunaan Hp yang negatif, para pelajar juga dilarang membawa senjata tajam, serta jangan membiasakan merokok. “Karena merokok merupakan awal pintu masuk narkoba, termasuk minuman keras maupun pergaulan bebas,” terang AKP Mulyanto.

Ditegaskan pula bahwa pelajar yang terlibat konflik dengan hukum, jelas akan diproses secara hukum menurut undang-undang yang berlaku. “Maka, marilah berbuat baik, jauhi segala tindak pidana yang merugikan kita. Pelajar memiliki masa depan yang panjang, cita-cita yang tinggi. Raihlah dengan prestasi kalian, jangan dinodai dengan tindakan yang negatif,”   imbuhnya

Di akhir amanatnya, dia menyebutkan bahwa apabila ada permasalahan yang terkait gangguan kamtibmas, diminta menghubungi Polsek Grabag melalui Call Center di nomor  0813 9857 0008. Agar segera ditindaklanjuti oleh pihak Kepolisian, terutama dari Polsek Grabag.

Kepala SMA Negeri 2 Grabag Hendrat A mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Grabag beserta anggota yang hadir di sekolahnya. Amanat Kapolsek yang ditujukan kepada anak didiknya sangat bermanfaat bagi semua peserta upacara bendera hari ini.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa berlanjut, kami siap menjalin sinergitas dan kerja sama,” ucapnya.

Eko Priyono