blank
Ilustrasi menu sahur untuk penderita kolesterol tinggi yang sederhana. Foto: Suara.com/IG@surabayafoodies/sarahkamal

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bagi kamu yang memiliki kolesterol terlalu tinggi harus selalu mengontrolnya melalui asupan makanan sehari-hari. Karena, kadar kolesterol yang terlalu tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan.

Pada umumnya, penderita kolesterol tinggi harus menghindari beberapa makanan seperti gorengan, makanan siap saji, daging olehan, es krim, cake, jeroan, kuning telur, udang, kulit ayam, bahkan sarden.

Dilansir dari Suara.com, ada 3 menu sahur untuk penderita kolesterol. Mengingat banyaknya jenis makanan yang dihindari, menyiapkan menu sahur bagi penderita kolesterol tinggi menjadi sedikit menantang.

Ini menu sahur untuk penderita kolesterol

1. Sup sayuran dengan dada ayam

Bahan:

Dada ayam 500 gram
Buncis 5 buah
Wortel 1 buah
Kentang 1 buah
Kembang kol 1 buah
Bawang merah 2 siung
Bawang putih 4 siung
Daung bawang dan seledri secukupnya
Lada, garam untuk perasa
Bawang merah goreng untuk taburan

Cara membuat:

Rebus dada ayam sebentar lalu buang airnya kemudian potong kotak-kotak dada ayam, lalu rebus kembali di air bersih.

Siapkan sayuran, cuci bersih kemudian potong sesuai selera, lalu masukkan ke dalam panci rebusan ayam, dimulai dari yang paling keras seperti wortel.

Iris-iris bawang merah dan putih, lalu tumis hingga wangi dan masukkan ke dalam panci berisi kaldu ayam dan sayuran, tambahkan garam dan lada bubuk.

Tes rasa, jika sudah sesuai masukkan daun bawang, seledri dan bawang goreng. Cukup masak sup hingga sayuran setengah matang, karena proses pemasakan terus berlangsung meskipun api sudah dimatikan.