blank
Parade santri digelar di Kabupaten Sukoharjo, Jateng. Tujuannya untuk menyambut Bulan Suci Ramadan 1444H/2023M. Start dari Masjid Al-Falah dan finish di Masjid Baiturrahman.(Dok.Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Para remaja dari komunitas FKTM (Forum Komunikasi Takmir Masjid) Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kabupaten Sukoharjo, Minggu (19/3), menggelar parade santri. Ini dilakukan dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1444 H/2023 M.

Tokoh masyarakat Sukoharjo, Begug SW, semalam, menyatakan, parade santri mengambil start dari Masjid Al Falah, berjalan ke selatan (Jalan Veteran), Jalan Sukoharjo, Alun-alun Satya Negara Sukoharjo, Simpang 5 (Proliman), ruas jalan raya Sukoharjo-Wonogiri, dan finish di pintu utama Masjid Agung Baiturramahmah Sukoharjo.

Ikut hadir memberikan sambutan, Ketua FKTM Kelurahan Jetis,
Sugiyarto MPd dan Kepala Kelurahan (Lurah) Jetis, Suyamto SE. Juga hadir sesepuh Sugiyarto MPd, Ketua Takmir Masjid Al Falah Ir Rudy Setyohadi beserta pengurus, Ketua RT 1/RW 1 Kampung Madyorejo, Joko Sarjana SH.

Upacara pelepasan parader ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Lurah Jetis, Suyamto. Ketua Panitia, Zakaria, menjelaskan, ini untuk tujuan meningkatkan kecintaan pada Allah SWT dan Rasulullah. Menambah semangat dalam meningkatkan kualitas ibadah di Bulan Ramadhan dan menjalin ukhuwah Islamiyah.

Parade santri diikuti 38 regu dengan total peserta sekitar 1.200 santri. Di tempat finish (Masjid Agung Baiturrahmah), diisi acara penyampaian cerita (dongeng) oleh Kak Ari, dengan tema ”Satukan Hati Jalin Silaturahmi, untuk Jadikan Akhlaq Islam.”

Panitia menberikan apresiasi kepada Regu Santri yang menampilkan kreativitas dalam berparade. Yakni dengan memberikan hadiah sepeda gunung, kepada Santri TPQ An Nur Jetis, TPQ Al Hidayah jetis dan TPQ Al Muttaqin Begajah.

Bambang Pur