blank
Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Andang Wahyu Trianto, didampingi Pengurus Dekopinwil lain dan Pemandu Lapenkopwil Jawa Tengah menyampaikan arahan dan sambutan dalam Raker dan FGD Pemandu Lapenkopwil Jawa Tengah, yang diselenggarakan di Wujil Resort Convention Kabupaten Semarang, Sabtu (18/3/2023). Foto : Absa.

SEMARANG (SUARABARU.ID) Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Jawa Tengah, menargetkan bulan Juli tahun 2023 mendatang, akan menempati kantor Dekopinwil yang berada di Jalan Pamularsih Kota Semarang, yang selama ini ditempati oleh pihak-pihak yang tidak berhak dan tidak memiliki kepentingan.

Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Andang Wahyu Trianto menegaskan, pihaknya akan berusaha untuk segera menempati kantor itu, karena kantor yang sekarang ada merupakan hak pengurus Dekopinwil Provinsi Jawa Tengah, oleh sebab itu akan terus diupayakan semaksimal mungkin melalui jalur-jalur resmi, agar nantinya kantor itu bisa menjadi pusat informasi dan kegiatan gerakan koperasi di Jawa Tengah.

“Kita sudah berupaya, dengan koordinasi dengan Pemerintah Kota Semarang, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kemudian Badan Pertanahan Nasional (BPN), pengurus terkait dan selalu berkomunikasi dengan GKPRI (Gabungan Koperasi Pegawai Negeri Indonesia) Jawa Tengah, karena kantor itu merupakan aset dari GKPRI,” jelasnya usai Raker Dekopinwil di Ungaran, Kabupaten Semarang, Sabtu (18/3/2023).

Terkait langkah hukum, dijelaskan oleh Ketua Dekopinwil Jawa Tengah, dengan semangat koperasi semua berkeinginan untuk bisa saling bekerjasama untuk bersam-sama membesarkan koperasi di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

“Kita pingin semua pihak itu paham, sadar tentang bagaimana kedudukan organisasi ini dan semuanya mesti legowo. Sehingga nanti ketika berkegiatan, semuanya mendapatkan hasil yang maksimal, karena semuanya kan berjuang untuk gerakan koperasi,” tandasnya.

Harkop di Kabupaten Semarang

Menyinggung terkait peringatan Hari Koperasi tahun 2023 mendatang di tingkat Jawa Tengah, Dekopinwil Jawa Tengah berencana untuk menempatkan rangkaian kegiatan tersebut di wilayah Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga.

“Untuk Hari Koperasi tahun 2023, rencananya kita tempatkan di wilayah Kabupaten Semarang dan Salatiga. Teknisnya masih kita godog lagi, di dua tempat itu sebagai pusatnya pergerakan koperasi di Jawa Tengah, meskipun pusatnya tetap di Kota Semarang,” papar anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah itu.

Sementara rencana rangkaian kegiatan Hari Koperasi tahun 2023 mendatang, yang direncanakan Dekopinwil Jawa Tengah selama 3 hari di Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga ada beberapa kegiatan, yaitu seperti pameran produk unggulan, talkshow peluang dan tantangan bisnis koperasi dan UMKM, fashion show dan produk show, festival kuliner, festival seni dan budaya, kompetisi kreativitas pemuda, pemilihan koperasi terbaik, jalan sehat dan panggung hiburan dan masih banyak lagi yang akan di koordinasikan dengan pihak-pihak terkait lainnya.

Absa