JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka gebyar bazar kewirausahaan dalam penguatan projek profil pelajar pancasila ( P5) SMP Muhammadiyah Keling Sabtu 18/3- 2023 mengadakan demo pembuatan dawet ilat boyo. Dawet ini terbuat dari tanaman lidah buaya atau Alue vera).

Menurut kepala sekolah SMP Muhammadiyah Keling Siti Nurhidayah, bazaar diselenggarakan dalam rangka mewujudkan topik kewirausahaan yang dipilih sebagai topik ke 2 dalam penerapan P5.

Tujuan pilihan topik kewirausahaan ini menurut Siti Nurhidayah adalah untuk menggali gagasan/ide anak-anak dalam hal menciptakan usaha mandiri. “ Juga mendampingi anak-anak dalam proses mewujudkan ide usaha mandiri.

Siti Nurhidayah menjelaskan para siswa pun mengikuti petunjuk dan bimbingan para mentor dengan tertib dan antusias, ingin tahu yang luar biasa. ” Kegiatan ini akan menjadi pelajaran dalam bentuk pengalaman bagi siapa saja yg ikut andil menyelenggarakannya, ” tambah Siti Nurhidayah.

Siswa antusias ikuti kegiatan

Sementara koordinator kewirausahaan Kusnitah yang juga pendamping siswa dalam pembelajaran juga menerangkan resep “Dawet Ilat Boyo ” dari Kewirausahaan SMP Muhammadiyah Keling yang terdiri dari : lidah buaya/ ilat boyo, gula aren( sirup), kelapa parut( santan kelapa), daun pandan dan garam.

Sedangkan cara membuatnya menurut Kusnitah dimulai dengan membersihkan lidah buaya lalu kupas kulit dan durinya. Kemudian dipotong dadu dan diremas-remas sampai keluar getahnya, cuci dengan air hangat hingga bersih . Lalu direbus dengan api sedang sampai 15 menit.

Sementara gula aren/merah direbus ditambahkan daun pandan sampai mendidih . Begitu juga dengan kelapanya di parut kemudian ambil santannya rebus hingga mendidih lalu tambahkan daun pandan dan garam secukupnya/ sesuai selera. Angkat tunggu sampai semua bahan dingin.

Sajikan dengan tampilan yang menarik , “Dawet ilat boyo” siap di hidangkan . Bisa ditambahkan tape ketan hitam dan es batu untuk menambah kesegaran “, imbuh Kusnitah

Manfaat dawet Ilat boyo menurut keterangan Kusnitah antara lain mengandung nutrisi dan mineral bagi tubuh, kandungan anti oksidan yang tinggi untuk kehebatan tubuh, sumber meningkatkan asam amino pada tubuh.

Kusnitah