blank
Balai Bahasa Provinsi Jateng menerima kunjungan siswa SMP Negeri 3 Pati. Foto: Dok/Balai Bahasa

PATI (SUARABARU.ID) – Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menerima kunjungan siswa SMP Negeri 3 Pati pada Jumat (17/3/2023).

Kurang lebih 40 siswa yang merupakan Duta Literasi Sekolah berkunjung untuk memperkuat gerakan literasi sekolah. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, di Balairung, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Jalan Diponegoro 25, Ungaran, Kabupaten Semarang.

Syarifuddin mengatakan pentingnya kemampuan literasi yang baik bagi siswa. Ia mengapresiasi kunjungan SMP Negeri 3 Pati ke Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah itu.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan adik-adik dan guru pendamping ke kantor kami. Kami bangga adik-adik sangat bersemangat mengikuti acara ini,” ujar Syarifuddin di Balairung, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu Syarifuddin menampilkan profil Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, program unggulan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, serta produk Badan Bahasa dan Balai Bahasa.

“Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menunjang literasi dengan menyediakan buku bacaan yang dapat diakses secara daring dan gratis. Literasi termasuk salah satu program prioritas Badan Bahasa bersama Balai Bahasa,” ujarnya.

Para siswa yang menjadi Duta Literasi itu sangat antusias mengikuti acara tersebut. Mereka tampak bersemangat dengan mengajukan pertanyaan kepada Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Siswa yang bertanya mendapatkan souvenir berupa buku cerita dari Pak Syarif, panggilan akrab Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah itu.

Sementara itu, Koordinator Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 3 Pati, Nurhamida, menyampaikan, kunjungan tersebut merupakan penunjang dan pemerkuat Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

“Kunjungan ke Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah ini diharapkan mampu menambah pengetahuan lebih tentang kebahasaan bagi siswa-siswi Duta Literasi SMP Negeri 3 Pati,” kata Nurhamida.

Nurhamida berharap para siswa dapat menggali ilmu, khususnya ilmu kebahasaan. Karena keterampilan berbahasa sangat dibutuhkan dalam dunia membaca dan menulis.

Ning Suparningsih