blank
Kegiatan sosialisasi penyusunan laporan SPIP bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT) eks Karesidenan Surakarta. Foto: Dok/Kanwil

BOYOLALI (SUARABARU.ID) – Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) merupakan alat atau tools dalam mencapai tujuan organisasi.

Penerapannya di satuan kerja dianggap penting karena bersinggungan langsung dengan tugas fungsi sehari-hari.

Demikian disampaikan Kepala Kanwil yang diwakili Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Hajrianor saat memberikan pengarahan dan penguatan kegiatan Sosialisasi Penyusunan Laporan SPIP bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT) eks Karesidenan Surakarta, Jumat (17/3/2023).

Bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, penyelenggaraan sosialisasi Penyusunan Laporan SPIP ini menghadirkan peserta sebanyak 30 orang dari 11 UPT.

“SPIP ini intinya apa yang menjadi target dalam pelaksanaan tusi kita bisa tercapai tanpa ada hambatan, contohnya dalam penerapan manajemen risiko,” kata Hajrianor di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Boyolali.

Dikatakan bahwa Kanwil memang mentargetkan sosialisasi SPIP bagi seluruh satuan kerja di Jawa Tengah. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman pelaksanaan SPIP di UPT

“Kegiatan sosialisasi SPIP ini menjadi target kita (Kanwil) setiap tahun, dari tahun ke tahun selalu dilaksanakan sosialisasi ataupun pendampingan. Sudah 10 tahun kami melaksanakan SPIP sejak terbitnya Permenkumham Nomor 33 Tahun 2013,” ungkapnya.

“Tapi dalam pelaksanaannya sampai sekarang masih belum optimal, ada beberapa satker yang kurang memahami,” tukasnya.

Kadivmin mengatakan, perlu dilakukan sosialisasi supaya pelaksanaan dan pelaporan SPIP menjadi berkualitas. “Kita memandang sangat perlu pelaksanaan kegiatan ini, supaya nanti laporannya bisa meningkat, kualitasnya, dan semoga ini bermanfaat untuk kemajuan organisasi kita,” tuturnya.

Sebelumnya Kepala Rutan Boyolali, Agus Imam Taufik mengimbau peserta sosialisasi aktif berdiskusi sehingga memiliki pandangan tentang implementasi dan penyusunan laporan SPIP di masing-masing satuan kerja.

Kegiatan sosialisasi SPIP ini dilaksanakan selama dua hari sejak 16-17 Maret 2023 dengan pemateri dari Perwakilan BPKP Jawa Tengah, yaitu Koordinator Pengawasan IPP2 Kapsari, dan Auditor Muda Rudiawan Noor Aliamsyah.

Kegiatan ini merupakan yang kedua diselenggarakan oleh Kanwil, dimana sebelumnya pada Februari sudah diadakan di eks Karesidenan Pekalongan.

Hadir saat pembukaan Kepala Bagian Program dan Humas, Toni Sugiarto dan seluruh Kepala UPT eks Karesidenan Surakarta.

Ning Suparningsih