blank
Arsyi (pink) & Harly

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Ratusan atlet-atlet cilik dari kawasan negara ASEAN plus, dari cabang olahraga loncat indah dan juga renang artistik ambil bagian dalam kejuaraan bertajuk 3rd Tira Taruna 66 International Diving and Artistic Swimming Championship di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, 17-18 Maret 2023.

Kejuaraan ini digagas Klub Tirta Taruna atau TT 66 milik Pelatih Loncat Indah Harly Ramayani dan anaknya Pelatih Renang Artistik Arsyi Sabihisma. Harly merupakan istri almarhum pesepakbola Ricky Yacobi.

“Setelah pandemi, senang bisa kembali menggelar kejuaraan untuk pemula. Mereka butuh kompetisi dan juga para peserta asing sangat antusias ingin menjajal kemegahan Kolam Gelora Bung Karno yang digunakan untuk Asian Games 2018,” ujar Harly Ramayani.

Dijelaskan Arsyi peserta asing yang hadir dari negara kawasan ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan juga dari Qatar serta tuan rumah Indonesia.

“Ada Sarawak Malaysia dan juga Singapura yang merupakan gudangnya pembinaan di Asia Tenggara. Filipina juga mengirim atletnya. Jadi para atlet pemula Indonesia bisa belajar banyak dan juga mentransfer ilmu secara langsung. Kita juga sekaligus promosi ke peserta asing jika Indonesia punya pariwisata yang bagus untuk dikunjungi,” papar Arsyi.

Untuk loncat indah, lanjut Harly, akan diikuti 128 peserta dari 16 klub di Indonesia dan luar negeri. Klub yang ikut seperti tuan rumah Tirta Taruna 66 Jakarta lalu ada Sarawak Malaysia, Singapura, Qatar, Filipina, Torpedo Dive School Singapura. Serta beberapa dari Indonesia seperti Better Diving Club Jakart, Pari Sakti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Bina Taruna Jakarta, JWC Jakarta, DI Yogyakarta, SMAN 34 Jakarta dan Bateana Club Jakarta.

Loncat indah akan melombakan nomor-nomor pemula seperti loncat dari tepi kolam, papan satu meter, papan tiga meter hingga lima meter.

Arsyi menjelaskan untuk Renang Artistik diikuti 80 atlet dari berbagai klub. Negeri Sembilan Malaysia, Neona Artistic Swimming Club Jawa Tengah, Posseidon Aquatic Club Bandung, Sakana Aquatic Yogyakarta, Tri Cakti Swimming Club dan tuan rumah Tirta Taruna 66 Jakarta.
Para atlet cilik ini akan berlomba mulai solo, duet dan juga beregu.

Muhaimin