Ketombe dapat menjadi masalah yang sangat menjengkelkan, tetapi ada beberapa cara untuk membersihkannya:

Sampo Anti-Ketombe: Gunakan sampo yang mengandung bahan anti-ketombe seperti selenium sulfida, ketoconazole, atau pyrithione zinc. Sampo ini membantu menghilangkan ketombe dan mencegahnya kembali.

Cuka Apel: Campurkan satu bagian cuka apel dengan satu bagian air. Gunakan campuran ini sebagai bilasan setelah mencuci rambut dengan sampo. Cuka apel membantu menyeimbangkan pH kulit kepala dan mengurangi ketombe.

Teh Hijau: Seduh teh hijau dan biarkan dingin. Gunakan sebagai bilasan setelah mencuci rambut dengan sampo. Teh hijau mengandung antioksidan dan bahan anti-inflamasi yang membantu membersihkan ketombe.

Minyak Pohon Teh: Oleskan minyak pohon teh ke kulit kepala dan pijat perlahan selama beberapa menit. Biarkan selama 30 menit sebelum mencuci rambut dengan sampo. Minyak pohon teh memiliki sifat anti-jamur dan antibakteri yang membantu membersihkan ketombe.

Hindari Stres: Stres dapat menyebabkan ketombe, jadi hindari stres sebisa mungkin dengan meditasi atau olahraga.

Jaga Kebersihan: Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala dengan mencuci rambut secara teratur dan tidak berbagi barang-barang personal seperti sikat rambut dan handuk.