blank
Grand Opening The Park Semarang dihadiri langsung oleh Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, beserta jajaran Forkopimda Kota Semarang, Kamis (16/3/2023).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mall The Park Semarang sebagai pusat perbelanjaan terbesar dan paling modern di Kota Semarang resmi dibuka langsung oleh Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, dengan disaksikan Forkopimda Kota Semarang dan jajaran manajemen pengelola mall, Kamis (16/3/2023).

The Park Semarang merupakan mall ke-30 yang dioperasikan oleh NWP Property, salah satu pengembang pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia, dengan portfolio mall di Pulau Jawa antara lain, The Park Sawangan, CSB Mall Cirebon, dan Pejaten Mall.

Menempati lokasi yang sangat strategis, The Park Semarang berada di Jalan Madukoro Raya Semarang Barat. Pengunjung dapat mengakses dengan mudah, karena berada di jalan raya utama yang
menghubungkan Pusat Kota Semarang dengan Bandara Ahmad Yani.

“Dengan adanya mall The Park Semarang ini jadi bisa membantu daya ungkit perekonomian. Selain membuka lapangan kerja baru juga jadi tempat UKM menawarkan produknya di sini, selebihnya dengan adanya mall ini jadi pelengkap mall lain yang sudah ada, jadi orang-orang tidak perlu keluar cukup di dalam Kota Semarang saja,” kata Mbak Ita.

“Setelah menanti kurang lebih dua tahun semasa pandemi, kami bersyukur pada akhirnya bisa membuka pusat perbelanjaan yang sudah lama dinanti-nantikan oleh warga Semarang,” kata Teges Prita Soraya selaku Direktur Utama PT Nirvana Wastu Jaya Pratama, anak perusahaan NWP Property, sebagai pengelola mall The Park Semarang.

Didesain secara modern dengan tinggi bangunan empat lantai di atas tanah seluas 27.000 m2, The Park Semarang memiliki total luasan lantai (Gross Floor Area) hingga 57.000 m2 dan total luasan area yang disewakan (Net Leasable Area) sebesar 37.000 m2, serta memiliki kapasitas parkir untuk lebih dari 1180 motor dan 990 mobil.

The Park Semarang memanjakan pengunjung dengan memiliki lebih dari 120 tenant internasional, nasional dan lokal. Beberapa diantaranya adalah Matahari Department Store, H&M, Lulu Hypermarket, Marks & Spencer, Mango, Cinema XXI, Fun World, Happy Time, Mega Sport Stations, Max Fashion, dan Minimal.

Selain itu masih ada juga Charles & Keith, Pedro, Levi’s, MOC, Manzone, Gingersnaps, Mothercare, ELC, Kidz Station, Mr.DIY, Frank & Co, The Palace, Birkenstock, Staccato, Sociolla, Marhen J, Pedro, Urban Republic, Puma, Adidas, New Era, Mr. DIY, Nobby, Debiuryn, Havaianas, Fit Flop, iBox, hingga Samsung.

“Tenant-tenant yang sudah dan akan segera buka dalam waktu dekat ini mengisi 70% occupancy di The Park Semarang dan kami sangat berbahagia bahwa di mall ini pengusaha-pengusaha lokal asli Semarang dapat bersanding dengan merek-merek nasional dan internasional yang telah memiliki puluhan bahkan ratusan gerai di Indonesia dan dunia,” katanya.

Tak hanya itu saja, pengunjung juga memiliki beragam pilihan kuliner dari tenant food & beverages (F&B) seperti Solaria, Pepper Lunch, Kimukatsu, Golden Lamian, Tong Tjie Tea House, JCo, Mako, dan berbagai kuliner pilihan dari pengusaha lokal Semarang.

“Kami yakin, dengan komitmen kami dalam mendukung pelaku usaha lokal dan UMKM akan memberi peluang bagi pengusaha-pengusaha ini untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi, sehingga akan memberikan gairah positif pada peningkatan perekonomian di Kota Semarang,” katanya.

Hadirnya The Park Semarang tentu akan berkontribusi besar dalam meningkatkan pendapatan daerah, terutama dari sektor pajak dan juga membuka lapangan kerja yang besar, dimana lebih dari 90% karyawan yang bekerja di mall ini memiliki KTP Semarang.

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar mall, pihak pengelola memberikan donasi melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp 10 juta kepada Panti Asuhan Aisyiyah II dan Panti Asuhan Al Kautsar yang lokasinya berada di sekitar mall The Park Semarang.

Berbagai promo yang juga berlangsung selama periode pembukaan, antara lain, Matahari Department Store yang memberikan voucher belanja senilai Rp 50.000,- dan juga hadiah tumbler untuk setiap pembelanjaan minimal Rp 500.000,-.

Selain itu, Max Fashion juga memberikan promo menarik, seperti diskon 15%, dan gratis special bag dengan pembelian minimal 1 juta rupiah. Bagi anda pecinta kuliner, Golden Lamian, menawarkan promo Buy 1 Get 1 selama periode pembukaan.

The Park Semarang juga menyediakan area yang luas untuk UMKM asli Semarang, salah satunya adalah dengan menghadirkan Bazaar Kuliner yang berlangsung di Lantai Lower Ground.

Dalam memeriahkan rangkaian perayaan grand opening, The Park Semarang menghadirkan event dan kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas yang ada di Kota Semarang, selain itu akan ada penampilan bintang utama; UN1TY, Good Morning Everyone, dan Estudiante Band.

Pada 16 Maret 2023 juga diadakan Lomba Menggambar, Lomba Mewarnai, dan Pentas Seni Anak. Jumat, 17 Maret 2023, bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan & Pariwisata di atrium The Park Semarang akan diselenggarakan Festival Tembang Gambang Semarang untuk siswa se – SMP Kota Semarang.

Sabtu, 18 Maret, The Park Semarang merangkul komunitas K-Pop Kota Semarang, dengan menghadirkan K-Park Fest, dimana di dalamnya akan diselenggarakan berbagai kompetisi, seperti Korean Cover Dance Competition, Korean Cover Song Competition, Talkshow, Random Play Dance & Noraebang.

Di hari Minggu, 19 Maret 2023, bekerja sama dengan komunitas Jepang, akan diselenggarakan J-Park Matsuri, yang akan menghadirkan Cosplay Competition, Coswalk Parade, Anisong, Cover Dance Competition, Workshop & Exhibition.

Selain itu pengunjung juga dapat menikmati Pameran Foto FIX 2023 dari tanggal 16 – 21 Maret 2023 di lantai dua. Pameran yang diselenggarakan oleh komunitas Fotografer Indonesia ini mengambil tema Photography Connecting Indonesia, dimana selama 6 hari akan dipenuhi agenda Photo Hunting, Workshop, Talkshow dan Photo Competition.

“Kami tentu tidak sabar menyambut seluruh masyarakat untuk dapat merasakan pengalaman baru berbelanja, rekreasi dan bersantap di The Park Semarang. Kami juga ingin mengajak semua komunitas yang ada di Kota Semarang untuk bersama-sama berkolaborasi membangkitkan kembali industri kreatif lokal dalam rangka pemulihan pasca pandemi. Kami akan fasilitasi berbagai kegiatannya di The Park Semarang,” pungkas Teges.

Hery Priyono