blank
Ilustrasi salad sayur dan daging ayam. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sahur berasal dari kata ‘sahar’ dalam bahasa Arab yang artinya adalah akhir malam atau waktu menjelang subuh. Namun, lebih familiar mengartikan sahur sebagai waktu menyantap makanan atau minuman pada waktu sahur sebelum menjalankan puasa.

Biasanya, kita enggan menyantap makanan berat saat sahur tapi kekhawatiran akan rasa lapar membuat kita terpaksa menyantap sepiring nasi dengan berbagai lauk dan sayur.

Dilasnir dari Suara.com, buat kalian yang ingin serba cepat tapi nutrisi tetap terpenuhi, simak variasi menu sahur tanpa nasi di bawah ini. Dijamin tetap kenyang seharian!

Baca Juga: Dapat Memicu Asam Lambung, 5 Buah yang Wajib di Hindari saat Puasa

Padahal jika kita memperhitungkan takaran dengan tepat, ada banyak menu sahur tanpa nasi yang bisa bikin kenyang seharian. Tak percaya? Yuk simak variasinya yang dirangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Overnight Oatmeal

Campurkan 1/2 cangkir oatmeal, 5 sdm susu cair, 1 sdm chia seeds dengan 1 sdm madu lalu diaduk hingga merata. Beri potongan buah pisang di atasnya lalu tutup rapat dan masukkan dalam kulkas sekitar 4 jam. Siap disantap.

2. Salad Sayur dengan Daging Ayam

Siapkan satu mangkok agak besar dan campurkan jagung pipil, wortel dan buncis yang sudah direbus sebentar dengan dada ayam rebus yang dipotong dadu. Aduk dengan mayones pedas dan minyak zaitun. Menu sahur tanpa nasi siap dinikmati.

3. Roti Gandum dan Alpukat

Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks dan tinggi serat, sehingga cocok dinikmati sebagai menu sahur tanpa nasi.
Kalian bisa melakukan variasi dengan menambahkan telur dadar atau alpukat dengan minyak zaitun.

Baca Juga: Tips Agar Stamina Tetap Terjaga Meski Saat Puasa

4. Salad Kentang

Kentang bisa kita andalkan sebagai pengganti nasi. Caranya, rebus 1 kentang ukuran besar lalu potong dadu ukuran besar. Siapkan telur rebus, jumlahnya sesuaikan dengan kebutuhan lalu kupas dan belah dua.

Untuk sausnya, siapkan dressing dengan campuran thousand island, saus tomat, air jeruk lemon, merica dan sejumput garam. Aduk kentang, telur rebus dengan dressingnya hingga merata dan siap dinikmati.

5. Aneka Soto dan Sop

Dalam semangkok soto atau sop terdiri dari protein serat dan karbohidrat sehingga menu ini bisa dijadikan andalan sahur tanpa nasi. Contoh, semangkok soto daging dengan bihun atau sop sayuran dengan kentang. Dijamin tak akan lemas seharian.

Demikian variasi menu sahur tanpa nasi yang bisa kalian tiru sebagai alternatif jika tak sempat memasak dengan persiapan yang matang. Selamat mencoba!

Claudia