blank
Ilustrasi apel hijau. Foto: pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Selama berpuasa, kita dianjurkan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Mengonsumsi makanan yang sehat dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan sehingga puasa akan tetap lancar.

Salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama puasa adalah buah-buahan. Buah-buahan mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Akan tetapi, tidak semua buah itu aman dikonsumsi saat sedang puasa, lho. Dilansir dari alodokter.com, ada beberapa buah yang sebaiknya dihindari selama berpuasa karena dapat menimbulkan asam lambung.

Baca Juga:Tips Agar Stamina Tetap Terjaga Meski Saat Puasa

Dilansir dari Suara.com, buah apa saja yang harus dihindari selama puasa? Simak di bawah ini.

1. Durian

Durian memang terkenal dengan rasanya yang enak dan manis. Selain itu, durian mengandung lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, saat kondisi sedang berpuasa, buah ini harus dihindari. Kandungan alkohol dalam buah durian dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di perut dan dapat memicu asam lambung.

2. Jeruk

Salah satu buah yang harus dihindari selama berpuasa adalah jeruk. Jeruk mengandung banyak vitamin C yang dapat memicu terjadinya asam lambung. Meskipun segar dan cocok dijadikan minuman saat berbuka, sebaiknya buah ini tetap dihindari selama berpuasa.

3. Nangka

Nangka memang memiliki rasa manis dan aroma yang khas. Buah nangka harus dihindari selama berpuasa karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut seperti kembung, diare dan sering buang gas. getah pada buah nangka juga dapat memicu naiknya asam lambung.

Baca Juga: Identik dengan Puasa, 3 Alasan Kurma Menjadi Makanan Wajib di Bulan Ramadan

4. Nanas

Rasa manis, asam dan segar pada buah nanas membuat buah satu ini sangat cocok dijadikan isian es buah untuk berbuka puasa. Tetapi nanas juga memiliki kandungan asam yang tinggi dengan pH 3-4 yang dapat menimbulkan asam lambung menjadi naik, apalagi saat perut kosong.

5. Apel Hijau

Secara umum buah apel memang aman-aman saja dikonsumsi setelah berbuka puasa. Apel mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan menangkal radikal bebas. Namun bagi orang yang berpuasa, apel hijau ini sebaiknya dihindari karena kandungan asamnya yang lebih tinggi daripada buah apel jenis lain.

Itu dia 5 buah yang dapat memicu asam lambung selama berpuasa. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi buah yang aman dikonsumsi saat puasa seperti buah pir, melon dan semangka.

Claudia