blank
Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Dr. A. Yuspahruddin dalam kegiatan Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Core Values Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu BerAKHLAK menjadi sebuah pondasi bagi para ASN dalam mengabdikan diri bagi bangsa.

Core Values BerAKHLAK yang dimaksud merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Core Values ASN ini menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, tak terkecuali bagi seluruh pegawai Kementerian Hukum dan HAM RI.

Hal tersebut disampaikan Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Dr. A. Yuspahruddin saat memberikan arahan pada kegiatan Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan bertempat di The Wujil Resort & Conventions, pada Senin (13/3/2023).

Yuspahruddin menerangkan, dengan nilai berorientasi pelayanan, seluruh ASN di lingkungan Kemenkumham Jawa Tengah dituntut memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Saya sampaikan bahwa tugas kita sekalian adalah memberikan pelayanan prima bagi masyarakat,” katanya.

“Tadi bapak Sekjen mengupload pidato Presiden mengenai bagaimana kecewanya masyarakat mendapatkan pelayanan kurang baik, kemudian yang memberi layanan malah bermewah-mewahan,” ujarnya.

Ditengah berbagai perubahan yang pesat terjadi saat ini, sambung Yuspahruddin, ASN wajib diandalkan, serta cekatan dalam memberikan solusi atas masalah-masalah yang ada. Tidak malah menambah beban bagi masyarakat.

Selain berorientasi pada pelayanan, Yuspahruddin mengajak jajarannya bertanggungjawab, disiplin dan berintegritas yang tinggi dalam setiap pelaksanaan tugas.

“Sikap bertanggungjawab inilah mencerminkan nilai akuntabel, sebagai contoh kita harus bertanggungjawab menggunakan kekayaan dan BMN secara efektif dan efisien,” terangnya.

“Bukan hanya kekayaan negara saja yang kita pergunakan dengan bertanggungjawab, namun juga kekayaan kita pribadi yang ada di sini juga harus bisa dipertanggungjawabkan,” tandasnya.

Kakanwil mengimbau untuk tidak pernah lelah mengupgrade kemampuan. Menurutnya, untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai ASN, peningkatan kompetensi sangat penting dilakukan.

Dengan kompetensi yang semakin baik memungkinkan bagi pegawai untuk dapat memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

“Jangan pernah lelah untuk terus belajar, agar kita semua bisa kompeten dan kapabel dalam tugas dan fungsi kita masing-masing. Sebab dengan kapabel dan kompeten terkait tugas dan fungsi kita, maka inovasi akan bermunculan,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan ini diikuti peserta yang didominasi Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se Jawa Tengah. Hadir pula dalam kesempatan itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto.

Ning Suparningsih