blank
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta menerima secara simbolis bantuan mobil dari BPBN yang diserahkan oleh Anggota komisi VIII DPR RI Abdul Wachid

JEPARA (SUARABARU.ID) – Anggota komisi VIII DPR RI Abdul Wachid telah menyerahkan bantuan satu unit mobil dapur umum dan satu unit pompa air dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara. Bantuan diserahkan kepada Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Jepara, Senin, (13/3/2023).

Hadir juga Sekda Jepara Edy Sujatmiko dan Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB Ali Bernardus, Kepala BPBD Jepara Arwin Noor Isdiyanto, serta pimpinan perangkat daerah.

Dalam kesempatan ini Edy Supriyanta mengungkapkan dengan kondisi topografi Jepara yang rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor, Jepara membutuhkan banyak dukungan bantuan peralatan penanggulangan bencana. “Saat ini bencana sudah terkendali, namun kami ini masih was-was selama sungai belum dikeruk,” jelasnya.

Hal tersebut terkait dengan bencana banjir di sejumlah wilayah Jepara bagian selatan yang disebabkan oleh luapan sungai Serang Wulan Drainase (SWD) 1 dan SWD 2. Dirinya berupaya meminta bantuan pihak terkait untuk melakukan normalisasi kedua sungai tersebut.

Dengan adanya bantuan tersebut, Edy berharap agar bencana yang ada di Jepara khususnya banjir dapat ditanggulangi melalui sistem pompa.

Ali Bernardus menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan merupakan wujud kehadiran pemerintah pusat terkait penanggulangan bencana. Dirinya mengaku BNPB siap membantu penanggulangan bencana di daerah melalui sejumlah tahapan.

“Saya harap bantuan ini dirawat dengan baik, sehingga jika ada bencana tidak terjadi masalah teknis. Harus ada proses maintenance,” tegasnya.
Hadepe