blank
Dalam kunjungan tersebut Bupati Siak juga melihat berbagai hasil produk daur ulang sampah (Foto: Widodo)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Bupati Siak Provinsi Riau Drs. H. Alfedri, M.Si dan rombongan, dalam kunjungan kerjanya ke Jepara Senin (13/3-2023) , telah mengunjungi SMPN 5 Jepara. Ia ingin melihat dari dekat dan belajar pengolahan sampah di sekolah tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Drs. H. Alfedri, M.Si didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Farikha Elida, ST., MT., Kepala Dinas Perhubungan Drs. Trisno Santoso, M.Si., dan Kepala Disperindag Eriza Rudi Yuliyanto, S.Sos, beserta rombongan pejabat dari Siak.

blank
Kepala SMPN 5 Jepara Lisna Handayani, M.Pd menjelaskan program pengolahan sampah di sekolah tersebut. (Foto: Widodo)

Kunjungan ini disambut hangat oleh Kepala Sekolah, Lisna Handayani, M.Pd., yang memberikan pengenalan singkat tentang profil SMP Negeri 5 Jepara dan komitmennya terhadap kepedulian lingkungan.

Dalam penjelasannya Kepala SMP Negeri 5 Jepara Lisna Handayani mengungkapkan, sekolah yang dipimpinnya telah menerapkan program pengolahan sampah dan sekolah sehat untuk memastikan siswanya dididik dengan cara yang ramah lingkungan.

Ia menambahkan, sekolah ini memiliki perhatian dan komitmen untuk menjaga Jepara sebagai kota yang bersih dan sehat. Selain itu, di SMP Negeri 5 Jepara telah dilaksanakan beberapa program lingkungan bersih. “Program ini berfokus pada pengurangan hasil sampah sekolah dan mendorong kebiasaan hidup sehat di kalangan siswa,” ujar Lisna Handayani.

blank
Bupati Siak Provinsi Riau Drs. H. Alfedri, M.Si dan Kepala SMPN 5 Jepara Lisna Handayani, M.Pd (Foto: Widodo)

Kagumi SMPN 5 Jepara

H. Alfedri melihat secara langsung bagaimana SMP Negeri 5 Jepara menerapkan program pengolahan sampah untuk mewujudkan sekolah sehat. Juga untuk mengurangi dampak sampah terhadap lingkungan serta mempromosikan gaya hidup sehat bagi siswa dan warga sekolah.

“Saya sangat terkesan dan kagum dengan cara pengelolaan sampah yang sangat baik di SMP Negeri 5 Jepara,,” kata Alfedri. Ini adalah kebijakan yang sangat bagus yang harus diikuti oleh sekolah-sekolah dalam pengelolaan sampah di sekolah, tambahnya.

blank
Bupati Siak menyempatkan diri ikut mencoba memainkan gamelan bersama siswa-siswi SMP Negeri 5 Jepara (Foto: Widodo)

Pada kunjungan tersebut, Bupati Siak sangat menghargai upaya sekolah dalam pengelolaan sampah dan pembiasaan dalam edukasi kepedulian terhadap lingkungan, agar sampah tidak menjadi masalah bagi kita semua.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara, Elida, menyampaikan tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan bagaimana hal tersebut dapat membantu mewujudkan sekolah yang lebih sehat.

Dalam kunjungan tersebut Bupati Siak juga melihat berbagai hasil produk daur ulang sampah, mulai penampilan produk kostum daur ulang sampah dan bincang-bincang edukasi tentang pengelolaan sampah. Melalui acara ini, SMP Negeri 5 Jepara menunjukkan komitmennya untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi warganya.

Disamping itu Bupati Siak dan rombongan juga melihat langsung tempat pengolahan sampah yang dimiliki bank sampah “Permataku” SMP Negeri 5 Jepara. Sebelum meninggalkan SMP 5 Jepara, Bupati Siak menyempatkan diri ikut mencoba memainkan gamelan bersama siswa-siswi SMP Negeri 5 Jepara yang turut menyambut kehadirannya.

Terkait program pengelolaan sampa, Bank Sampah “Permataku” SMP Negeri 5 Jepara sebelumnya juga mendapat kunjungan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah dan SLB Jepara terkait program pengelolaan sampah di sekolah. Sekolah ini juga berhasil meraih juara 2 Lomba Sekolah Sehat tingkat Kabupaten Jepara tahun 2022.

Hadepe – Widodo