blank

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Dalam menyambut Ramadan, umat Islam tidak hanya mempersiapkan fisik dan mental. Namun juga harus memiliki visi untuk mencapai tujuan Ramadan, yaitu takwa. Maka perlu istiqomah dalam beribadah.

“Istiqomah itu maknanya bersikap lurus, lurus hatinya, lurus pikirannya, lurus jasmaninya. Di bulam Ramadhan, istiqomah berarti tetap baik puasanya, dan ibadah-ibadah lainnya,” ungkap Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unissula, Rabu (8/3/2023).

Drs Muhammad Muhtar Arifin Sholeh MLib menyampaikan untuk mencapai istiqomah ada beberapa tipsnya. Yang pertama perlu meluruskan niat karena Allah.

Yang kedua melaksanakan ibadah sesuai dengan yang ditetapkan Allah. Ketiga tujuannya adalah mendapat ridho Allah. Dan terakhir rutin terus menerus dilakukan.

“Kita bersyukur berada di lingkungan yang kondusif untuk melakukan kebaikan. Sehingga dengan begitu akan menjadi lebih mudah bagi kita untuk istiqomah. Sehingga program Ramadhan dari universitas harus kita dukung FAI sangat mendukung apa yang diprogramkan universitas, seperti banyak dari dosen FAI yang menjadi imam tarawih, dan penceramah selama Ramadhan,” pungkasnya.

**