blank
Ilustrasi kacang almond. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Diabetes merupakan kondisi di mana kandungan gula dalam darah melebihi normal dan cenderung tinggi. Diabetes mellitus adalah salah satu penyakit metabolisme yang mampu menyerang siapa saja.

Memiliki penyakit diabetes atau kadar gula dalam darah tinggi, tentunya tak boleh sembarangan dalam memilih asupan makanan.

Dokter biasanya akan memberikan diet khusus bagi para penderita diabetes, karena jika salah dalam mengkonsumsi makanan, dikhawatirkan akan membuat kadar gula dalam darah menjadi tinggi.

Baca Juga: Kacang Almond Jadi Salah Satu Makanan yang Tinggi Kalsium, Yuk Simak 5 Makanan Lainnya…

Selain makanan utama, sebenarnya para penderita diabetes juga masih diperbolehkan mengkonsumsi camilan. Tentunya camilan untuk penderita diabetes harus rendah gula, sehat, lezat, dan bergizi. Merangkum dari Sehatq, berikut tujuh pilihan camilan untuk penderita diabetes.

1. Telur Rebus

Telur rebus bisa dijadikan pilihan camilan sehat dan lezat bagi penderita diabetes. Dalam sebuah telur rebus yang berukuran besar mengandung sebanyak 6 gram protein. Protein terbukti tidak membuat kadar gula dalam darah menjadi naik setelah mengkonsumsinya. Namun, pastikan konsumsi telur rebus secukupnya dan jangan berlebihan, ya.

2. Yogurt

Selain telur rebus, yogurt juga bisa dijadikan pilihan camilan bagi para penderita diabetes. Yogurt merupakan makanan olahan dari susu yang memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Probiotik sangat bermanfaat bagi tubuh karena mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan proses pemecahan makanan yang mengandung gula.

Sebaiknya, pilihlah produk yogurt dengan rasa plain atau tawar untuk menghindari pemanis tambahan dalam produk yogurt tersebut.

Baca Juga: Ada Kacang Almond, 3 Jenis Kacang-kacangan yang Kaya akan Manfaat

3.Kacang Almond

Menurut hasil penelitian yang tertulis dalam jurnal Metabolic Syndrome and Related Disorders, mengonsumsi kacang almond secara rutin dinilai mampu membuat kadar gula dalam darah stabil.

Meskipun memiliki manfaat yang bagus bagi penderita diabetes, tapi kamu perlu membatasi konsumsi kacang almond per harinya. Dalam sehari, kamu bisa mengkonsumsi kacang almond sebanyak 28 gram.

4. Kacang Kedelai

Sama halnya dengan kacang almond, kacang kedelai juga aman menjadi camilan oleh penderita diabetes. Dalam 150 gram edamame atau kacang kedelai terdapat sekitar 17 gram protein dan 8 gram serat. Kedua kandungan nutrisi ini sangat baik bagi para penderita diabetes.

5. Chia Seed Pudding

Chia seed memiliki manfaat bagi penderita diabetes. Kandungan nutrisi dalam chia seed seperti protein, serat, dan asam lemak omega-3 diyakini mampu mengendalikan kadar gula darah. Kamu bisa memanfaatkan chia seed menjadi campuran dalam puding. Pastikan ketika membuat puding chia seed sebaiknya gunakan juga susu khusus untuk diabetes.

Baca Juga: Minyak Almond Jadi Salah Satu Pilihan,Yuk Simak 5 Tips Mengatasi Uban di Usia Muda

6. Popcorn

Popcorn juga bisa menjadi salah satu camilan bagi penderita diabetes. Popcorm termasuk camilan rendah kalori yang tentunya bagus untuk penderita diabetes. Namun, sebaiknya kamu membuat sendiri camilan popcorn ini.

Hindari juga menambahkan gula, garam atau penyedap lainnya. Lebih bagusnya kamu bisa gunakan rempah-rempah seperti kayu manis atau bubuk pala untuk campuran popcorn buatanmu.

7. Alpukat

Camilan lezat dan enak yang aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes, yakni buah alpukat. Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang ada dalam alpukat sangat baik bagi penderita diabetes.

Kamu bisa mengkonsumsi alpukat sebanyak 1-1,5 buah dalam sehari. Dengan konsumsi alpukat maka kandungan gula dalam darah akan stabil.

Itulah tujuh ide camilan untuk penderita diabetes yang tentunya aman dikonsumsi, bergizi, dan lezat. Meskipun semua camilan di atas terbilang aman untuk penderita diabetes, tapi bukan berarti bisa dikonsumsi secara berlebihan, ya. Semoga bermanfaat.

Claudia