blank
Ilustrasi kacang-kacangan. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mungkin di luar sana ada orang yang jarang mengonsumsi aneka kacang-kacangan karena alergi terhadap makanan ini. Padahal, kacang adalah sumber energi yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Pasalnya, di dalam kacang terdapat beragam nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat.

Bahkan menurut laporan dari American Journal of Clinical Nutrition, orang dewasa yang memasukkan menu kacang ke dalam camilan mereka hal ini berdampak positif salah satunya dapat menurunkan berat badan.

Baca Juga:Minyak Almond Jadi Salah Satu Pilihan,Yuk Simak 5 Tips Mengatasi Uban di Usia Muda

Dilansir dari Suara.com, tidak hanya untuk orang dewasa saja, kacang juga bermanfaat bagi kesehatan anak-anak karena di dalamnya terdapat kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan kuku dan rambut anak seperti zat besi dan biotin.

Dirangkum dari halodoc, berikut ini adalah beberapa jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi bagi kesehatan tubuh.

1. Kacang Almond

Dalam kacang almond terdapat kandungan lemak sehat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kemudian, almond juga mengandung serat yang tentunya baik dalam proses pencernaan dan usus yang sehat. Selain itu, kandungan protein tinggi pada kacang almond juga baik dalam perkembangan massa otot tanpa lemak.

Baca Juga: Dapat Mengurangi Rasa Lapar, 4 Manfaat Kacang Almond

2. Kacang Tanah

Ada banyak mitos yang beredar bahwa terlalu banyak mengonsumsi kacang dapat menyebabkan jerawat. Padahal, kacang tanah adalah sumber nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kemudian, kacang tanah juga mengandung vitamin E dan B yang mana dapat mencegah risiko penuaan dini dan berdampak baik dalam membuat kulit lebih cerah bersinar.

3. Kacang Mete

Kacang mete pada umumnya dijadikan camilan dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Jenis kacang ini mengandung nutrisi seperti omega 3 yang tinggi dan beberapa mineral vitamin lainnya. Kemudian kacang mete juga merupakan sumber protein yang baik dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sepanjang hari. Tidak hanya sampai di sini manfaat kacang mete, dia juga dapat meningkatkan suasana hati kamu.

Pasalnya, kacang mete adalah salah satu sumber triptofan dan mampu menghasilkan serotonin yang memang berperan penting dalam meningkatkan mood.

Demikianlah beberapa jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Claudia