“Proses pengadaan yang baik harus sudah diperhatikan semenjak tahapan perencanaan pengadaan,” ujar Kepala LKPP RI tersebut.

Hendi menegaskan bahwa LKPP RI selalu membuka diri untuk berkoordinasi membantu daerah dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi.

“Kami memiliki komitmen yang kuat untuk memberikan pendampingan dan advokasi kepada rekan-rekan semua. Kami terbuka untuk mendengarkan permasalahan dan memberikan masukan sesuai dengan masalah yang dihadapi,” ujar Kepala LKPP RI itu.

Sementara itu, Deputi Bidang PPSDM LKPP RI, Sutan Suangkupon Lubis berharap Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah agar sesegera mungkin mengkomunikasikan pemetaan masalah dalam pengadaan di daerah masing – masing.

Menurutnya melalui pemetaan masalah tersebut LKPP RI bisa lebih cepat melakukan prioritas pendampingan.

“Sesuai arahan Pak Kepala (Hendi), LKPP selalu membuka pintu untuk melakukan pendampingan. Untuk itu kami minta agar teman–teman agar juga bisa melakukan pemetaan masalah yang dihadapi, agar kita dapat menetapkan prioritas pekerjaan yang harus segera kita eksekusi,” ujar Sutan.

Adapun Kabupaten Gianyar sendiri secara khusus berkonsultasi kepada LKPP RI terkait kebutuhan dan pemenuhan Sumber Daya Manusia Pengadaan Barang/Jasa.

Untuk itu, Hendi menyarankan agar K/L/PD dapat melakukan pemetaan terhadap jumlah kebutuhan SDM pelaksana maupun jumlah kebutuhan pelatihan yang diperlukan untuk peningkatan kompetensi SDM tersebut

Di sisi lain, juga menyinggung terkait pentingnya mengedepankan Katalog Elektronik sebagai salah satu metode pengadaan.

Karena melalui Katalog Elektronik, masyarakat dapat terlibat dalam mengawasi proses pengadaan barang/jasa agar kredibilitas pengadaan barang/jasa dapat terlaksana untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa.

“Jangan khawatir untuk memanfaatkan Katalog, Pekerjaan konstruksi sudah bisa dilaksanakan di Katalog seperti aspal, beton dan rumah tipe 36, setidaknya akan hemat waktu, memudahkan saat membandingkan antara penyedia dan transparan, ” Tambah Hendi selaku Kepala LKPP RI.

Hery Priyono