blank
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, membuka Porwakos 2023 di Lapangan Tri Lomba Juang, Kamis (9/3/2023). Foto: Hp

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, mengimbau warga masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat melalui olahraga.

Hal tersebut disampaikan wali kota yang akrab disapa Mbak Ita seusai acara Pembukaan PORWAKOS (Pekan Olahraga Warga Kota Semarang) tahun 2023 di Gor Tri Lomba Juang.

“Ada empat jenis olahraga dalam Porwakos ini. Catur, voli, sepak bola, dan senam Sicita. Diharapkan dari sini ada satu bentuk kekompakan dari warga Semarang,” ujar Mbak Ita, wali kota perempuan pertama di Kota Semarang, Kamis (9/3/2023).

“Kita ini bermaksud agar masyarakat mulai melakukan gaya hidup sehat. Yang kedua, Saya juga menyosialisasikan senam Sicita,” imbuhnya.

Pihaknya juga menerangkan bahwa Porwakos menjadi upaya pihaknya untuk melahirkan bibit-bibit unggul yang nantinya bisa berprestasi di level yang lebih tinggi dan mengharumkan Kota Semarang.

“Kita harap juga akan muncul bibit-bibit unggul dari wilayah dan keguyuban dari warga. Contohnya tadi ada anak SD yang sudah ikut lomba catur nah kita harapkan seperti itu,” lanjut Mbak Ita.

Ke depannya, Mbak Ita optimis acara PORWAKOS dapat berjalan lebih meriah lagi. PORWAKOS juga menjadi ajang silaturahmi antar warga kecamatan yang semakin merekatkan kehidupan harmonis di Kota Semarang.

“Kita harapkan ini dapat menggerakkan, menyemangati masyarakat agar menjadi agen perubahan dari para peserta untuk kemudian diturunkan ke warga-warga di masing-masing wilayahnya,” tandas Mbak Ita.

PORWAKOS tahun 2023 diikuti oleh 16 kontingen dari 16 kecamatan di Kota Semarang dengan total sekitar 900 warga yang berpartisipasi dalam even ini.

Adapun juara Porwakos tahun sebelumnya adalah Kecamatan Pedurungan. Dalam pembukaan Porwakos, hadir pula Danlanal, Kasdim, Dandenpom.

Hery Priyono