Sedangkan Prof Dr Agus Purwantoro MSn guru besar ke 3 FSRD UNS menyatakan dalam penciptaan seni, seniman dan karya seni yang inovatif serta kontributif telah menjadi tuntutan seni rupa  kontemporer masa kini.

Wayang Godhong Goespoer dalam ilmu penciptaan performance art merupakan pengembangan seni lukis dua ke lima dimensi berupa kaya seni performance art yang mencakup pengelolaan dimensi ruang dan waktu. Esensi filosofis wayang godhong yang melihat daun sebagai sumber inspirasi tidak terbatas pada unsur metafor melainkan juga dalam unsur metomini.

Tiga Guru besar lain yakni Prof Drs Bambang Harjito M.App.Sc,Ph.D Guru Besar bidang Ilmu Kriptografi dan Keamanan Informasi FATISDA menyampaikan pidato pengukuhan “Keamanan Informasi menggunakan kriptografi Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) berbasis Nth Degree Truncated Polynomial Ring Units kriptosistem pada Cyber Space”.

Prof Dr Rahmanu MSn Guru Besar Ilmu Estetika pada FSRD UNS menyampaikan pidato pengukuhan “ Estetika Rupa Jawa Dalam Konstelasi Seni Timur dan Barat” .

Prof Danar Praseptiannga STP,MSc Ph.D. guru besar ke 38 Fakultas Pertanian UNS menyamnpaikan pidato pengukuhan ”Pengembangan Pangan Fungsional dan Pengemas Pangan Berkelanjutan Berbasis Sumber Daya Alam.

Bagus Adji