klitih
Kapolresta Magelang, Kombes (Pol) Ruruh Wicaksono. Foto: W Cahyono

MAGELANG (SUARABARU.ID)-  Polresta Magelang mengamankan dua orang anak yang melakukan “klitih” di wilayah Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

“Peristiwa tersbut terjadi Senin (6/3) sekitar pukul 03.00 dinihari, di Jalan Bambang Soegeng Mertoyudan, Kabupat  Magelang, ” kata Kapolresta Magelang, Kombes (Pol) Ruruh Wicaksono usai Apel Besar Sinergitas TNI-Polri (Polresta dan Polres Magelang Kota) di Alun-alun Kota Magelang, Selasa(7/3/2023).

Ruruh mengatakan, dua pelaku kejahatan anak tersebut dilakukan oleh berinisial PB dan DA. Usia kedua pelaku tersebut masih di bawah umur dan statusnya masih duduk di bangku kelas 10 di salah satu SMK di Magelang.

Menurutnya, dalam mengayun- ayunkan senjata tajam berupa celurit yakni tersanhka DA. Sedangkan,celurit tersebut milik rekannya yakni PB.

Ia menambahkan, kedua pelaku kejahatan anak tersebut melakukan aksi tersebut diduga karena terpengaruh minum minuman keras.

“Diduga kedua pelaku ini sebelumnya minum minuman keras. Karena dari mulut kedua pelaku tercium bau minuman keras, ” tandanya

Ruru menjelaskan, sebelum di tangkap oleh warga dan petugas Polsek Mertoyudan, kedua pelaku tersebut mengacung-acungkan celurit terhadap seorang pengendara sepeda motor. Namun, aksi kedua pelaku tersebut digagalkan oleh seorang pengendara mobil yang saat itu juga melintas di Jalan Raya Jogjakarta-Magelang tersebut.

Setelah dikuntit dari belakang dan mengejarnya salah satu pelaku yakni DA yang membonceng, malah  merusak kap mesin mobil tersebut dengan cara membacokkan celurit yang dibawanya.
“Akhirnya, kedua pelaku dapat ditangkap setelah pemilik mobil tersebut menyerempet sepeda motor yang digunakan pelaku. Dan, bersama petugas dari Polsek Mertoyudan kedua pelaku berhasil diamankan,” imbuhnya.

Ruru menjelaskan, meskipun kedua pelaku tersebut masih berusia di bawah umur, tetapi proses hukum tetap berjalan dengan menggunakan sistem peradilan anak.

Seperti diketahui, aksi dua orang remaja yang membawa senjata tajam celurit yang membacokkan ke sebuah kap mesin sebuah mobil , sempat viral di media sosial. Kejadian tersebut terjadi di Jalan Jenderal Bambang Soegeng, Jalan Raya Magelang- Jogjakarta, tepatnya di wilayah Kecamata Mertoyudan, Kabupaten Magelang, pada Senin (6/3/2023) dini hari.W. Cahyono