blank
PD PKPNU, Dari Menjamiyahkan Jamiyah Hingga Penguatan Ideologisasi.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Instruktur Pendidikan Kader – Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD PKPNU) R. Andi Irawan menyatakan 3 tujuan dilaksanakannya pendidikan kader yang berlangsung selama 3 hari. Pertama, menjamiyahkan jamiyah.

blank
PD PKPNU ikhtiar dalam pengelolaan jamiyah (perkumpulan) yang sesuai koridor AD/ART.

“Jika selama ini NU dijalankan secara natural, lewat PD PKPNU merupakan ikhtiar untuk meningkatkan kapasitas pengurus Ranting maupun MWCNU sehingga kedepan jamiyah menjadi professional,” jelasnya di sela-sela menjadi instruktur PD PKPNU angkatan ke-3 di Pesantren Az Zahra Mlonggo Jepara, belum lama ini.

Ditambahkan Andi selain untuk meningkatkan kapasitas pengurus juga ikhtiar dalam pengelolaan jamiyah (perkumpulan) yang sesuai koridor AD/ART.

Kedua, lanjut Ketua LP Ma’arif PWNU Jateng itu sebagai wahana konsolidasi pengurus NU baik Ranting, MWCNU, hingga PBNU Adapun tujuan ketiga, untuk penguatan ideologisasi.

“Memasuki abad ke-2 tantangan NU semakin besar. Sehingga yang mesti kita perkuat adalah masulah (tanggung jawab) diniyyah yakni dengan melestarikan tradisi keagamaan NU, dan masulah wathaniyah, tanggung jawab untuk menjaga tanah air dari pihak-pihak yang ingin merongrong NKRI,” tegasnya.

Kiai muda asal Pati Jateng ini berharap dengan PD PKPNU akan lahir kader-kader penggerak NU yang siap merawat jagad, dan membangun peradaban.

Ketua PCNU Jepara, KH Charis Rohman yang hadir dalam pembukaan, menegaskan bahwa kaderisasi penting untuk dilakukan. “Pengurus harus PD PKPNU ikut, lulus, dan baiat,” tegasnya.

Hal senada dikemukakan Ketua Lakpesdam PCNU Jepara, Khoirul Muslimin. Dijabarkan salah satu tugas dan fungsi lembaga yang dipimpinnya ialah menyiapkan kaderisasi.

“Alhamdulillah hingga saat ini kami sudah menyelenggarakan 3 kali PD PKPNU. Pertama yang diselenggarakan atas nama Lakpesdam PCNU diikuti 150 peserta, kedua diselenggarakan MWCNU Bangsri diikuti 118 peserta, untuk angkatan ketiga MWCNU Mlonggo diikuti 116 peserta,” jelasnya.

Ditambahkan Muslimin, setelah tiga angkatan pihaknya berharap akan dilaksanakan PK PKPNU angkatan ke-4 sehingga bisa segera menyelenggarakan Pendidikan Menengah Kaderisasi Nahdlatul Ulama (PMKNU).

PD PKPNU angkatan 3 yang berlangsung di Pesantren Az Zahra dilaksanakan sejak Jum’at – Ahad (3-5/3). Hadir sebagai instruktur Ziaul Khaq, R. Andi Irawan, dan Kholison Syafi’i.

ua/sm