blank
Ilustrasi manfaat kulit pisang untuk wajah. Foto: Dok/caraprofesor.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tak hanya manfaat buah pisang untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Ternyata, kulit pisang juga memiliki kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang baik untuk kesehatan kulit, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada wajah.

Dikutip dari SehatQ, kegunaan kulit pisang untuk wajah antara lain, mencegah penuaan dini, mengatasi kerutan, melembapkan kulit wajah, mengurangi bengkak atau sembap pada mata, mengurangi lingkar hitam di bawah mata, mengurangi peradangan pada jerawat, menghilangkan rasa gatal pada penderita psoriasis, memudarkan bekas jerawat, dan menghilangkan kutil.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kulit pisang memiliki kandungan polifenol yang bersifat sebagai antioksidan. Tak hanya itu, kulit pisang juga memiliki kandungan senyawa bioaktif lain, seperti karotenoid dan asam fenolat. Senyawa ini dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit.

Selain bersifat antioksidan, kandungan kulit pisang sendiri memiliki sifat sebagai antimikroba dan antiradang yang baik untuk melawan masalah kulit.

Manfaat kulit pisang untuk wajah bersumber dari kandungan nutrisi di dalamnya, seperti kalium, magnesium, vitamin B6, dan vitamin B12.

Cara menggunakan kulit pisang untuk wajah
Kegunaan kulit pisang untuk wajah bisa kamu dapatkan dengan beberapa cara, seperti membuatnya jadi bahan masker hingga menggosokkan langsung ke wajah.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua orang cocok dengan kandungan yang ada di dalam kulit pisang, jadi meski secara umum aman dilakukan, kamu tetap perlu memastikan kebersihan ada tidaknya alergi kulit pisang di tubuhmu.

Beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mendapatkan kegunaan kulit pisang di wajah.

1. Membuat masker kulit pisang
Tak hanya masker pisang, kamu juga bisa membuat masker kulit pisang untuk menyehatkan kulit.

Cara membuat masker kulit pisang yaitu

– Ambil setengah pisang beserta kulitnya lalu potong kecil-kecil
– Giling semuanya hingga bertekstur kental seperti pasta halus
– Tambahkan satu sendok teh madu dan dadih, lalu aduk rata. Kamu juga bisa menambahkan air mawar ke dalam pasta tersebut
– Oleskan masker kulit pisang ke wajah dan leher
– Biarkan mengering selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat

2. Menggosokkan langsung ke wajah
Manfaat kulit pisang untuk wajah juga bisa kamu dapatkan dengan cara sederhana, seperti menggosokkannya langsung ke kulit wajah.

Cara ini efektif untuk mengurangi kerutan, bengkak, mencerahkan kulit, mengatasi kulit kering, dan mencegah jerawat.

Ini langkah-langkahnya

– Bersihkan wajah dengan facial wash lalu keringkan dengan handuk lembut
– Ambil kulit pisang dan oleskan kulit pisang bagian dalam langsung ke wajah dengan pijatan lembut
– Lakukan selama 10 menit, jika kulitnya berubah cokelat maka ganti dengan yang baru
– Diamkan 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih

3. Menempelkan di area bawah mata
Kamu juga bisa mendapatkan manfaat kulit pisang untuk wajah dengan menjadikannya sebagai eye patch alias ditempelkan pada area bawah mata. Ini bisa membantu menutrisi bagian bawah mata, mengurangi kerutan sekaligus mencerahkan kulit. Caranya mudah, yaitu

– Potong kulit pisang menjadi dua bagian kecil, lalu simpan di lemari es
– Tempelkan sisi dalam kulit pisang di area bawah mata
– Pejamkan mata dan diamkan selama 15-20 menit
– Bilas dengan air bersih lalu bisa dilanjutkan dengan penggunaan krim mata.

4. Membuat scrub kulit pisang
Manfaat kulit pisang untuk wajah berjerawat juga bisa kamu dapatkan dengan membuatnya menjadi scrub. Selain kaya nutrisi, cara ini juga bisa membantu mencerahkan kulit, serta membantu mengangkat sel kulit mati tanpa menyebabkan kulit kering.

Cara membuat scrub kulit pisang

Pertama, potong kulit pisang menjadi potongan yang sangat kecil. Kedua, campurkan dengan satu sendok makan bubuk kunyit. Ketiga, sedikit gula pasir, dan satu sendok teh madu, lalu aduk hingga mengental seperti pasta.
Keempat, oleskan campuran tersebut ke wajah, lalu diamkan 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Ning Suparningsih