blank
Elisabeth Indraswati, S.T Jogja Tourism Training Center sebagai narasumber (Foto: Arkansa)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pelatihan bagi pemandu wisata di Kabupaten Jepara perdana dilakukan pada periode kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia Jepara (DPC HPI Jepara) 2022-2026.
Berlokasi di aula museum RA. Kartini , sebanyak 50 peserta yang berasal dari insan pariwisata Jepara mengikuti pembinaan dengan penuh antusias Selasa (7/3-2023|)

blank
Kepala Dinas Pariwisata Kab.Jepara Zamroni Lestiaza, Ketua DPC HPI Jepara Tomy beserta jajarannya (Foto: Arkansa)

Hadir Kepala Dinas Pariwisata Kab.Jepara Zamroni Lestiaza, Ketua DPC HPI Jepara Tomy beserta jajarannya, Abdul Rohman Ketua Desa Wisata Jepara. Nara sumber dalam acara ini antara lain : Farid Aly Ikhwan, S.STP., M.Si Sub Koordinator Pengembangan SDM Disporapar Provinsi Jawa Tengah dan Elisabeth Indraswati, S.T Jogja Tourism Training Center.

Dalam sambutannya, Zamroni menyampakan bahwa peningkatan SDM di segala sektor sangat penting. Sektor Pengelolaan destinasi wisata, sektor desa wisata, sektor homestay, sektor tour guide, dan sektor-sektor yang lain perlu untuk digali lebih dalam.

blank
Farid Aly Ikhwan, S.STP., M.Si Sub Koord Pengembangan SDM Pariwisata Disporapar Prov.. Jateng (Foto: Arkansa|)

Menurut Zamroni, sebagai seorang tour guide, anggota HPI harus menguasai informasi terkait kepemanduan wisata, sejarah wisata, seni budaya, serta berusahamelayani tamu dengan baik.

Secara terpisah Ketua DPC HPI Jepara Tomy Arifianto menyampaikan pada akhir acara bahwa pelatihan semacam ini tidak akan berhenti di sini. “Akan ada pelatihan-pelatihan lanjutan untuk memperkuat kapasitas pemandu wisata,” ujarnya

Hadepe – Arkansa