blank
Ilustrasi minyak almond. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Minyak almond terbuat dari ekstrak biji kacang almond. Almond memang sudah dikenal sejak lama karena berkhasiat untuk penyembuhan dan juga kesehatan, termasuk protein tingkat tinggi, asam lemak omega-9, dan juga vitamin E.

Minyak almond bersifat emolien, yang berarti dapat mengisi celah di rambut Anda pada tingkat sel. Itu membuat rambut Anda terasa lebih halus saat disentuh. Menggunakan minyak almond pada rambut Anda memberikan tekstur yang lebih lembut dari waktu ke waktu.

Sifat-sifat ini menunjukkan jika minyak almond bisa bermanfaat untuk rambut kamu. Menyadur dari laman YesDok, berikut ini merupakan sejumlah manfaat minyak almond untuk rambut yang bisa kamu coba:

Baca Juga:Selain Mencegah Penuaan, Yuk Simak 5 Manfaat Minyak Almond Bagi Kecantikan

1. Minyak almond melembutkan rambut

Minyak almond memiliki sifat emolien, yang berarti bisa mengisi celah di rambut kamu pada tingkat sel. Itulah yang akan membuat rambut kamu menjadi terasa lebih halus ketika disentuh.

Menggunakan minyak almond pada rambut kamu dapat memberikan tekstur yang lebih lembut dari waktu ke waktu. rambut kamu juga akan lebih mudah disisir dan ditata.

2. Minyak almond memperkuat dan memperbaiki rambut

Menggunakan minyak tertentu untuk merawat rambut bisa membuatnya tidak mudah patah dan juga membantu untuk mengurangi ujung bercabang. Sifat pelumas yang ada didalam minyak kacang, seperti halnya minyak almond, membantu untuk mengurangi gesekan selama penataan rambut.

Baca Juga: Kaya akan Nutrisi, 3 Manfaat Kacang Almond Bagi Ibu Hamil

3. Minyak almond bisa membuat rambut kamu tumbuh

Minyak almond memiliki kandungan vitamin E dalam jumlah tinggi, yang merupakan sebuah antioksidan alami. Ketika antioksidan ini memerangi stres lingkungan di sekitar rambut kamu, maka rambut kamu terlihat lebih muda dan juga sehat.

4. Mengatasi permasalahan rambut

Minyak almond untuk rambut tidak hanya bermanfaat pada setiap helaiannya saja, melainkan juga berkhasiat untuk kesehatan kulit kepala.

Ya, minyak almond dipercaya dapat mengatasi masalah ketombe, serta menangani psoriasis pada area kulit kepala berkat kandungan antibakteri dan juga antijamur di dalamnya.

Klaim khasiat ini didukung pula oleh laporan bahwa minyak almond telah lama dipakai untuk mengatasi kulit kepala kering sejak zaman dahulu kala, yakni di Cina dan juga dalam pengobatan Ayurveda.

Baca Juga: Menurunkan Kadar Kolesterol, 7 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya juga diyakini bisa meningkatkan aliran darah ke kulit kepala supaya lebih sehat.

Cara Menggunakan minyak almond

Kamu bisa mengoleskan minyak almond langsung ke rambut, kemudian gosokkan sedikit di antara telapak tangan sebelum mengoleskannya.

Kamu juga dapat menggunakan minyak almond sebagai bahan untuk membuat masker rambut dan juga kondisioner, lho. Kamu hanya perlu mencampurkan minyak kelapa dengan minyak almond.

Oleskan masker rambut yang telah dibuat tadi, masker ini ampuh untuk membersihkan dan mengeringkan rambut, ketika memakai masker rambut ini diamkan selama kurang lebih40 meni, lalu bilas hingga bersih.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat dari minyak almond untuk kesehatan rambut, semoga bermanfaat dan semakin menambah wawasamu, ya.

Claudia