blank
Argita Rekha Adi Aviolita (kedua dari kiri) foto bersama dengan rekan-rekannya didampingi Guru Olahraga SMK Negeri 1 Wonogiri Yuli Purnomo (kanan) dan Debi Agus Wicaksono (kiri).(Dok.Yuli Purnomo)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Argita Rekha Adi Aviolita, siswi Kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP)-1 SMK Negeri 1 Wonogiri, memborong lima gelar juara pertama Panca Lomba. Prestasinya yang prestisius ini, diraih dari event Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat Kabupaten Wonogiri Tahun 2023.

Guru Olahraga SMK Negeri 1 Wonogiri, Yuli Purnomo dan Pelatih Atletik Peltu Ocsan J Paraisu, mengatakan, lima gelar juara pertama dari Cabang Olahraga (Cabor) Atletik Panca Lomba tersebut itu, diraih Argita Selasa (7/3) di Stadion Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri.

Argita, siswi asal Dusun Jatiwayang RT 1/RW 2, Desa Tremes, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri tersebut, meraih lima gelar dari nomor lari 100 Meter (M), lari 800 M, tolak peluru, lempar lembing dan lompat jauh.

Gelar juara pertama untuk lima nomor di Cabor Atletik Panca Lomba tersebut, dibabat habis oleh Argita Rekha Adi Aviolita, pemilik Nomor Induk Siswa Nasional (NISN): 13238. Untuk gelar Juara II dan III diraih oleh Anisa Nur Hidayah dari SMK Negeri 1 Jatiroto dan Ardila Silviana (SMK Negeri 1 Kismantoro).

Tak Terlawankan

Peltu Ocsan J Paraisu, mengatakan, Argita, sebenarnya dipersiapkan untuk maju di Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), tapi event ini gagal digelar. Ketika maju di Panca Lomba O2SN, kedigdayaan Argita tidak terlawankan. Semua gelar juara pertama di Panca Lomba dia babat habis tanpa sisa.

blank
Pelatih atletik Peltu Ocsan J Paraisu (kiri depan) foto bersama dengan para siswi SMK Negeri 1 Wonogiri yang dilatih, termasuk Argita yang memborong lima gelar di Panca Lomba O2SN Tahun 2023.

Sebagai pelatih, Prajurit TNI-AD Peltu Ocsan J  Paraisu, aktif bertugas sebagai Batituud Koramil-22/Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri. Ocsan, pernah meraih dua medali perak di Kejuaraan Atletik Master Indonesia Terbuka 2022. Yakni sebagai juara 2 di nomor lempar lembing dan juara 2 di nomor lempar peluru.

Sementara itu, untuk Juara I, II dan III Panca Lomba Putra diraih oleh Heru Adi Pratama dari SMK Negeri 2 Wonogiri, Heri Setiawan (SMK Negeri Kismantoro) dan Ahmad Ardan Naasir (SMK Negeri Pracimantoro).

Di event O2SN SMK tingkat Kabupaten Wonogiri 2023 tersebut, juga dipertandingkan Cabor Bulutangkis dan Renang. Untuk Bulutangkis Putri Juara I dan II dimenangi oleh Fariska Raya Riyanto dan C-LO Aryanova keduanya dari SMK negeri 2 Wonogiri dan Juara III oleh Wulan Tejo Rasmi (SMK Negeri 1 Jatiroto).

Gelar Juara I, II dan III Bulutangkis Putra dimenangi oleh Shulta Nan Robi (SMK Negeri 2 Wonogiri), Alfian F (SMK Negeri 1 Jatiroto) dan Nasrul Anan (SMK Negeri 1 Giritontro).

Juara I, II, III Cabor Renang Putra dimenangi oleh Marzawa Jahfal Gunna L (SMK Negeri 2 Wonogiri), Ezra Faiq Aqil (SMK Negeri 1 Jatiroto) dan Khoirul Huda (SMK Negeri 1 Giritontro). Juara I Cabor Renang Putri dimenangi oleh Riezma Azgila S dari SMK Negeri Jatiroto.

Bambang Pur