blank

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID) – Program studi (Prodi) Pendidikan Seni Rupa, Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, bekerja sama dengan L-Project dan Art akan menggelar International Art Exhibition # 2 2023 pada 7 – 14 Maret di Ruang Pameran Jogya Gallery

International Art Exhibition # 2 2023 dengan tema ‘Social Engagement & Sustainibility’diikuti 15 perupa undangan luar negeri dari 12 negara. Antara lain USA, Australia, Jerman, Albania, New Zealand, Jepang, Vietnam, Phillipine, Korea, Malaysia dan Thailand.

Kemudian 31 undangan khusus perupa dalam negeri, 9 Dosen Prodi PSR, dan 45 peserta hasil seleksi open call yang masuk ke panitia sejumlah 145 perupa seluruh Indonesia.

‘’Kami sangat berbangga mengingat antusiasme para perupa dari dalam maupun luar negeri yang menyambut baik event penting ini yang berlangsung 3 tahun sekali,’’ kata Ketua Pelaksana Rusnoto Susanto melalui rilis Minggu (5/3)

Dia menerangkan, karya seni yang dipamerkan beragam. Yaitu seni lukis, seni grafis, seni patung, desain, kerajinan dan video art sebagai respons terhadap issue global dalam proses kreatif.

Rusnoto menjelaskan, isu global bagi seorang perupa menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dalam ruang proses kreatif. Karena sensibilitas estetiknya senantiasa mengeksplorasi berbagai aspek yang hidup dan tumbuh di sekitarnya.

‘’Isu global senantiasa direfleksikan sebagai representasi potret dan spirit jiwa jaman. Kepekaaan, keterlibatan dan rasa kepedulian sosial seorang perupa sebagai sumber inspirasi kreatif dalam eksplorasi ide yang direfleksikan melalui bahasa ungkap yang spesifik, personal dan bernilai universal,’’ terangnya.