blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Direktur Human Capital & Legal Affairs Solusi Bangun Indonesia Ony Suprihartono dan Forkompimda melepas jalan sehat bersama BUMN di Alun-alun setempat, Minggu 5/3.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melepas Jalan Sehat Bersama BUMN di Alun-alan setempat, Minggu (5/3) pagi.

Acara yang diikuti ribuan peserta itu juga dimeriahkan senam bersama di Alun-alun Kebumen pagi harinya. Panitia juga menyediakan sejumlah hadiah dan bingkisan serta membuka sejumlah stan UMKM.

Hadir pada acara tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen Ny Iin Windarti Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, dan segenap Forkompimda.

Hadir pula Direktur Human Capital Legal & Corporate Affair PT Solusi Bangun Indonesia Ony Suprihartono, CSR Manager Trayudi Darma, Instiution Relation Manager Irwandi Malik serta Kepala Divisi Pruduksi Perum Perhutani Wawan Triwibowo dan Kepala KPH Kedu Selatan Usep Rustandi.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengajak seluruh karyawan BUMN dan masyarakat untuk meramaikan Jalan Sehat Bersama BUMN dalam rangka memperingati 25 Tahun Kementerian BUMN yang dilaksanakan di 234 kabupaten/kota di Indonesia. Kegiatan jalan sehat mengusung konsep Estafet Obor BUMN dari Sabang sampai Merauke dilakukan secara bertahap di 15 provinsi, mulai 12/2/2023 hingga 19/3/2023 dengan tema “Bersama BUMN, Menuju Indonesia Sehat”.

Jalan Sehat Bersama BUMN 2023 menandai kebersamaan Kementerian BUMN dan masyarakat yang telah terbina selama 25 tahun, dengan harapan Kementerian BUMN dan perusahan BUMN hadir lebih dekat dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, yang merupakan modal dasar pembangunan.

Di bawah arahan Menteri BUMN Erick Thohir, Kementerian BUMN menjalankan program “BUMN untuk Indonesia” guna mendorong BUMN memberikan sumbangan terbaik bagi negeri dan rakyat.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menerima obor dari Panitia Jalan Sehat Bersama BUMN di depan Alun-alun setempat, Minggu 5/3.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Sebagai bagian dari BUMN, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk yang merupakan anak usaha SIG, turut mendukung pelaksanaan Jalan Sehat Bersama BUMN di Kebumen dan melibatkan kurang lebih 1.500 peserta. Berasal dari masyarakat umum, karyawan, serta keluarga besar BUMN yang berada di Kebumen dan sekitarnya. Jalan Sehat Bersama BUMN ini merupakan hasil kolaborasi antara SIG yang diwakili oleh Solusi Bangun Indonesia, dengan Perum Perhutani.

Pererat Hubungan dengan Masyarakat

Direktur Human Capital & Legal Affairs Solusi Bangun Indonesia, Ony Suprihartono menyambut baik acara jalan sehat santai ini dan mengapresiasi keterlibatan berbagai lapisan masyarakat di Kebumen. Ony mengatakan, melalui kegiatan ini, Solusi Bangun Indonesia sebagai bagian dari aset bangsa di bawah arahan SIG dan koordinasi Kementerian BUMN, berkesempatan untuk kian dekat dan mempererat hubungan dengan seluruh lapisan masyarakat.

“Jalan Sehat Bersama BUMN merupakan wujud sinergi dan pengamalan nilai Harmoni, yang memperkuat kolaborasi kami bersama masyarakat. sebagai bekal melanjutkan transformasi melalui pengembangan inovasi produk dan layanan. Bersama SIG, Solusi Bangun Indonesia telah menjadi bagian dari pembangunan negara,” kata Ony Suprihartono.

Antusiasme peserta jalan sehat sudah terlihat sejak pagi. Ribuan peserta datang berbondong dalam waktu hampir bersamaan memadati seputar Alun-alun Kebumen. Panitia menyediakan kaos, snack dan kupon door prize dengan hadiah berupa sepeda listrik, mesin cuci, kulkas, sepeda lipat, smart TV, kompor gas, kipas angin dan setrika listrik.

Hal yang menarik dalam pelaksanaan jalan sehat sejauh 3,2 Km ini, dimana para peserta dengan kesadaran memungut sampah sepanjang rute yang dilalui dan menukarkan hasil pungut sampah dengan uang tunai kepada panitia. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan hiburan musik untuk menghibur para peserta.

Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto pun menyampaikan terima kasih kepada semua peserta dan semua panitia yang terlibat memastikan acara berjalan lancar. “Jalan sehat tidak hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran saja, lebih dari itu akan meningkatkan persaudaraan, persatuan dan kesatuan di antara kita, serta meningkatkan keakraban sesama warga Kebumen,“ujar Arif Sugiyanto.

Kemeriahan jalan sehat ini dirasakan oleh salah satu peserta, Eksanda Salda (22), ”saya senang dengan agenda jalan sehat ini, cuaca bagus dan peserta banyak sehingga terasa meriah dan gembira, semoga ini menjadi bagian upaya menjaga kesehatan kami.”

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perseroan terbuka yang mayoritas sahamnya (83,52%) dimiliki dan dikelola oleh SIG, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang industri bahan bangunan. Perseroan menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, agregat dan layanan pengelolaan limbah yang mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2.000 orang.

Komper Wardopo