blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka membangun sinergitas dan koordinasi demi menjaga kelestarian lingkungan alam Karimunjawa yang berkelanjutan, Kawali yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Kawali Indonesia Puput TD Putra melakukan silaturahmi ke beberapa institusi penegak hukum dan pemerintahan di Karimunjawa Jepara Jawa Tengah, Kamis (2/3/2023).

Kali ini kunjungannya disertai perwakilan wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Jepara. Jajaran pengurus DPN Kawali Indonesia didampingi DPW Kawali Jawa Tengah beserta beberapa Departemen DPD Kawali Jepara.

blank

Pada kesempatan itu Kawali silaturahmi ke kantor BTNKj, Kapolsek, Koramil, Kecamatan, Pemdes Kemujan, serta Pemdes Karimunjawa untuk mendiskusikan berbagai isu hangat terkait dengan kelanjutan lingkungan hidup di Karimunjawa.

Isu tersebut menyangkut peran masyarakat dalam menjaga potensi alam dan lingkungan, isu penanggulangan kerusakan hutan magrove dan lahan, isu pemberdayaan masyarakat dalam pemulihan lingkungan yang rusak, isu Tata Ruang Wilayah Karimunjawa sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, isu resolusi konflik sosial budaya dan lain sebagainya

Dalam silaturahmi dan koordinasi, Puput TD Putra selaku Ketua Umum Nasional Kawali Indonesia meminta untuk dimasukkan program-program edukasi untuk memberikan pemahaman dan kepedulian kepada masyarakat dalam menjaga potensi-potensi alam Karimunjawa.

Potensi Karimunjawa patut dijaga dan dilestarikan, serta perlu dilakukannya sinergisitas dalam tindakan, penanganan dan pengawasan. “Kami meminta dari semua stackholder yang ada di daerah dan Karimunjawa pada khususnya untuk melakukan edukasi untuk memberikan pemahaman dan literasi, hal ini dilakukan agar masyarakat berani dan bisa menjaga potensi daerah yang telah diakui dunia internasional,” tutur Pupud.

Sementara Balai Taman Nasional Karimunjawa mengungkapkan sangat senang atas kedatangan Kawali beserta jajarannya. “Mengenai kesepahaman dalam menjaga wilayah KSPN Karimunjawa, kami akan menyampaikan kepada Ibu Ka. Balai yang saat ini belum bisa turut hadir dalam diskusi, untuk dilakukan penjadwalkan mengenai pembahasan, karena dengan begitu menjadi salah satu upaya kami dalam melakukan pembinaan untuk masyarakat,” ujar Kris “.

blank

Sementara Kapolsek Karimunjawa sangat menyambut baik atas kedatangan jajaran pengurus Kawali di Karimunjawa. Diungkapkan Iptu Dasiyo bahwa sinergitas harus senantiasa terjalin dalam rangka memberikan kenyamanan solusi atas isu-isu permasalahan lingkungan dan lainnya sehingga Karimunjawa bisa kondusif. “Di Karimunjawa yang merupakan andalan sektor pariwisata, tentu ini harus menjadi perhatian kita.” ujar Dasiyo. “

Sebagai masukan juga dari Koramil Karimunjawa “Kami sangat mendukung apa yang menjadi agenda Tim Kawali di Karimunjawa sebagai upaya dalam menjaga potensi alam Karimunjawa, yang penting tidak bertentangan dengan ideologi negara, budaya masyarakat sehingga terjadi kondusivitas dan kenyamanan menjalankan roda perekonomian masyarakat,” saran Bowo

DPW Kawali Jawa Tengah yang turut serta mendampingi rombongan menyampaikan, intinya perlu dibahas mengenai perlunya diadakan pertemuan dan edukasi rutin antara stackholder dengan masyarakat. Mengenaik koordinasi kerja sama dalam menjaga potensi dan kelestarian lingkungan Karimunjawa yang berkelanjutan bisa bermanfaat jangka panjang untuk peningkatan perekonomian masyarakat dan kelangsungan kehidupan generasi, pungkas Tri Hutomo Ka.Adv. Perijinan, Pesisir dan Kehutanan Kawali Jawa Tengah

Hadepe