SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Dra Ema Rachmawati MHum mengatakan, perlunya memperluas jaringan atau networking, bila ingin mengembangan usaha UMKM.
Hal itu perlu dilakukan, mengingat luasnya jangkauan akan memperluas daya jual produk yang dihasilkan. Dengan begitu, hasil atau keuntungan yang diperoleh dipastikan akan bertambah.
Hal itu seperti yang disampaikannya, saat menjadi Keynote Speech di Kelas Perempuan Maju Digital, yang digelar kerja sama antara Tim Penggerak PKK Jateng, Tokopedia dan Uprintis, di Quest Hotel, Semarang, Selasa (28/2/2023).
Kegiatan yang bertema ‘Dukung Perempuan Tangguh Makin Berdaya di Era Digital’ ini, dihadiri 150 UMKM lokal wilayah Semarang.
”Kami berharap, dengan luasnya jaringan ditambah kolaborasi bersama pihak lain, akan semakin memperkuat jaringan pemasaran produk yang dihasilkan. Kami juga mengapresiasi Tokopedia, dalam mendukung UMKM perempuan di Jateng, khususnya di Kota Semarang,” terang dia.
Ditambahkan dia, melalui event ini bisa menambah potensi pelaku usaha perempuan dalam berbisnis online. Selain itu, mampu membuat strategi bisnis yang tepat, agar membuka peluangnya untuk naik kelas.
Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik dan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni menyatakan, dengan konsistensi semangat #SelaluAdaSelaluBisa, pihaknya terus berupaya untuk terus melakukan pendampingan, bagi para pelaku UMKM perempuan.
Menurut dia, Tokopedia juga memiliki misi untuk memberikan panggung seluas-luasnya kepada pelaku bisnis Indonesia, tak terkecuali UMKM Perempuan di Semarang.
”Dalam adaptasi digital untuk kaum perempuan ini, bertujuan berbagi pengalaman mengenai peran, tantangan, serta peluang yang dihadapi oleh UMKM Perempuan. Kondisi itu juga untuk menghadapi proses digitalisasi, serta demi mendorong pemulihan ekonomi Nasional,” jelas Astri.
BACA JUGA: Tumbuhkan Kemampuan Broadcasting, UKM Promise USM Kunjungi RRI dan TVRI
Sedangkan Commissioner President Uprintis Indonesia, Novita Hardini menyampaikan, pihaknya merupakan jembatan bagi para UMKM perempuan Indonesia, untuk membantu memperoleh pendampingan, akses pasar dan pelatihan.
”Kami berupaya untuk membantu UMKM mengembangkan potensi pendapatan dan kemakmuran para pelaku usaha dari kalangan perempuan,” tukas dia
Pihaknya berharap, dengan bekerja sama bareng Tokopedia, selaku mitra dari Kementerian Koperasi, bisa memberikan hasil yang bagus, sesuai arahan Menkop UKM, Teten Masduki.
Riyan