blank
Ilustrasi 10 camilan untuk diet. Foto: Dok/Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kamu sedang melakukan diet?Mengkonsumsi cemilan saat diet tidak selalu menjadi pantangan. Memilih jenis cemilan untuk diet yang bernutrisi justru bisa membuat tubuh kenyang lebih lama, sehingga mencegah makan berlebihan dan membantu menurunkan berat badan.

Cemilan untuk diet yang sehat tidak hanya harus rendah kalori, tetapi juga kaya akan nutrisi, seperti protein, vitamin dan mineral. Mengkonsumsi cemilan yang kaya akan nutrisi dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara menekan rasa lapar, mencegah makan berlebihan, sekaligus mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Namun, jenis dan porsi cemilan untuk diet tetap harus diperhatikan, agar tujuan menurunkan berat badan tetap tercapai.

Beragam cemilan untuk diet                                                  Dalam memilih cemilan untuk diet, sebaiknya hindari makanan olahan atau yang dimasak dengan cara digoreng. Berikut ini adalah beragam cemilan untuk diet guna menurunkan berat badan.

1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah cemilan untuk diet yang ideal karena mengandung lemak sehat, protein, dan serat. Selain bernutrisi, kacang-kacangan juga mengenyangkan.

Terlepas dari kalorinya yang cukup tinggi, penelitian menunjukkan bahwa makan kacang dalam jumlah sedang dapat membantu menurunkan berat badan.

Ada banyak jenis kacang yang bisa menjadi cemilan untuk diet, seperti kacang tanah, kacang bogor, kacang mete, almond, dan pistachio.

2. Biji-bijian
Biji-bijian merupakan sumber serat, lemak sehat, dan antioksidan. Selain itu, biji-bijian juga kaya akan mineral, seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan fosfor. Jenis biji-bijian yang bisa menjadi cemilan untuk diet adalah biji wijen, flaxseed, biji bunga matahari, biji labu, dan biji chia.

3. Buah-buahan
Buah-buahan pun dapat menjadi cemilan untuk diet yang sehat dan mengenyangkan. Buah-buahan juga menyediakan vitamin, mineral, dan serat untuk mencegah sembelit.

Untuk mendukung program penurunan berat badan, pilihlan buah-buahan rendah akan karbohidrat, seperti semangka, melon, nanas, dan stroberi.

5. Sayuran
Menjadikan sayuran sebagai cemilan untuk diet dapat membantu mengurangi berat badan, karena memberikan efek kenyang lebih lama, juga menjaga kesehatan saluran cerna.

Hal ini karena sayur rendah akan kalori tetapi tinggi akan kandungan serat. Selain itu, sayuran dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan.

Saat sedang diet, pilihlah sayuran rendah akan karbohidrat, seperti bayam, kembang kol, paprika, brokoli, jamur, kale, mentimun, dan buncis.

5. Telur rebus
Telur rebus merupakan pilihan cemilan untuk diet yang praktis dan sehat. Kandungan proteinnya yang tinggi juga dapat membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga mencegah kamu makan lebih banyak.

Konsumsi telur yang kaya akan vitamin D dan mineral juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. Selain itu, telur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, jantung, dan otak.

6. Yogurt
Yogurt dapat menjadi cemilan untuk diet dan sebagai alternatif es krim yang lebih sehat. Sebagai sumber protein, kalsium, dan probiotik yang sangat baik, yogurt akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

7. Oatmeal
Tidak hanya sebagai pengganti karbohidrat, oatmeal dapat diolah menjadi cemilan untuk diet yang lezat. Kamu bisa mengolah oatmeal menjadi makanan hangat maupun dingin.

Daripada jenis sereal lain, oatmeal memiliki kandungan protein dan serat yang lebih tinggi, sehingga baik dikonsumsi saat kamu sedang menjalani program penurunan berat badan.

8. Popcorn
Popcorn mengandung serat tinggi dan rendah kalori, sehingga baik dijadikan cemilan untuk diet. Dalam 1 cangkir popcorn hanya terkandung sebanyak 33 kalori. Popcorn bahkan mampu memberikan efek lebih kenyang daripada keripik kentang dengan jumlah kalori yang sama.

Hanya saja, manfaat tersebut didapatkan jika membuat popcorn sendiri di rumah. Popcorn siap saji yang dijual di pasaran umumnya sudah ditambahkan gula dan garam, sehingga jumlah kalorinya tentu lebih tinggi.

9. Tahu
Selain sebagai sumber protein, tahu juga mengandung beragam nutrisi, seperti serat, kalsium, zat besi, omega-3, dan antioksidan. Tahu juga rendah akan kalori, karbohidrat, dan lemak jenuh, sehingga baik untuk dijadikan cemilan saat diet. Agar lebih sehat, tahu sebaiknya diolah dengan cara dipepes atau direbus.

10. Ubi
Jika ingin cemilan untuk diet yang lebih mengenyangkan, pilihlah ubi. Ubi rendah akan kalori dan lemak, tetapi kaya akan serat. Ubi juga mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin B, C, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, zinc dan fosfor.

Dalam mengolah ubi menjadi cemilan untuk diet yang menyehatkan, masaklah ubi dengan cara dikukus atau dipanggang.

Ning Suparningsih