blank
Apel akbar peringatan satu abad NU di Puncak Gunung Tidar. (Dok)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Sekitar 3.000 kader penggerak Nahdlatul Ulama (NU) Kota dan Kabupaten Magelang mengikuti Apel Akbar Peringatan Satu Abaddi Puncak Gunung Tidar, Minggu (26/2).

Kegiatan itu dihadiri Katib ‘Am Pengurus Besar (PB) NU KH Ahmad Said Asrori, Rois Syuriah PC NU Kabupaten Magelang KH Toha Mansur, Ketua Tanfidziah PC NU Kabupaten Magelang KH Achmad Izzudin, jajaran Tanfidziyah PC NU Kota Magelang, Sekda Kota Magelang Joko Budiyono, Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang dan Kepala Kemenag Kota Magelang, Sofia Nur.

Dalam Pidato Kebangsaanya, KH Ahmad Said Asrori menegaskan, pentingnya peran NU dalam kehidupan bernegara. Mulai masa perebut kemerdekaan hingga sekarang, selama satu abad kesetiaan pada NKRI tidak diragukan.

‘’Sejarah membuktikan NU dari dulu setia pada negara ini, membentengi NKRI, mengajarkan toleransi dan perdamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,’’ tegasnya.
Menurutnya, semua itu karena NU memiliki tiga trilogi ukhuwah. Yaitu ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan dalam ikatan kebangsaan) dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan sesama umat manusia).

KH Achmad Izzudin atau biasa disapa Gus Din dalam sambutannya mengatakan, Gunung Tidar adalah tempat memiki karomah, tempat Syech Subakir dulu menumbali tanah Jawa. Dari tempat bersejarah ini, para kader penggerak akan terus berkhidmat dan membesarkan NU di kawasannya masing-masing.

Ketua Panitia Satu Abad NU, Habib Fata Zair Al Athos, menjelaskan, warga NU Kota Magelang sudah mulai bangkit. Acara satu abad yang digelar sejak Januari 2023 dengan berbagai rangkaian kegiatan selalu ramai. Ini menjadikan pihaknya bersemangat untuk terus menghijaukan Kota Magelang.

‘’NU jangan baperan tapi berperan. Terus berperan dalam kegiatan keagamaan sosial dan kemanusiaan di wilayahnya masing-masing. Khidmat di NU itu ikhlas tanpa tendensi apapun,’’ tegasnya.

Acara puncak peringatan Satu Abad yang diselenggarakan PC NU Kota dan Kabupaten Magelang, akan diselenggarakan pada Minggu 12 Maret di Alun-alun Kota Magelang, acara jalan santai. Dengan hadiah utama satu unit mobil Ayla, dua paket umroh, tiga sepeda motor dan berbagai hadiah hiburan lainnya.

Doddy Ardjono