blank

SUARABARU.ID Fakultas Teknologi Industri (FTI) Univesitas Islam Sultan Agung (Unissula) menyelenggarakan Seminar Nasional yang dilangsungkan Senin (27/2/2023). Tema yang diangkat yaitu Seminar Risat Mahasiswa Computer & Electrical (SERIMA-CE) dilaksanakan di FTI.

Hadir sebagai keynotespeaker Dr Rudi Kurniawan ST MKom Dosen Universitas Bina Insan Lubuk Linggau Sumatera Selatan dan Ir Sri Mulyono MEng dosen FTI Unissula. Acara ini diikuti 116 peserta dari 38 PTN dan PTS Se Indonesia. Seminar ini dilaksanakan secara hybrid offline dan online.

Rudi Kurniawan menyampaikan materi tentang pengenalan pola tulisan tangan berbasis machine learning. “Ini sangat menarik, karena tulisan tangan merupakan salah satu cara berkomunikasi antar manusia. Tulisan tangan juga memiliki pola-pola yang berbeda dan dapat dianalisis untuk menganalisis kepribadian seseorang atau disebut grapologi”, ungkapnya.

Masih menurut Rudi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran mesin, automatisasi grapologi dapat dilakukan. Yaitu dengan pemilihan algoritma yang tepat, akan memberikan hasil akurasi yang baik terhadap sistem yang diciptakan. Automatisasi grapologi memberikan opsi bagi para graphologist dalam menganalisis kepribadian seseorang secara cepat dan akurat.

Dr Novi Marlyana Dekan FTI Unissula menambahkan “Ambil ilmu sebaik mungkin dan semoga bermanfaat dikemudian hari harapannya kegiatan ini dapat berlangsung rutin setiap tahunnya”, pungkasnya.