blank
Ilustrasi telur rebus. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Siapa di antara Anda semua yang menyukai telur rebus, tapi ingin mencoba cara baru menikmati makanan praktis dan bernutrisi ini? Jika demikian, Anda wajib tahu cara merebus telur agar kuningnya di luar. Unik, kan?

Seperti Anda ketahui, telur selalu memiliki bagian putih dan kuning. Idealnya, bagian putih selalu berada di sisi luar untuk membungkus bagian kuning telur. Ketika direbus, hal ini akan tampak jelas sekali. Namun dengan cara yang tepat, Anda bisa mengubah dan membalik posisi bagian telur ini.

Bagaimana Caranya?

Dilasnir dari Suara.com untuk caranya sendiri, sebenarnya tidak terlalu sulit. Pertama, persiapkan dahulu telur yang akan Anda coba masak ini. Ingat, telurnya harus mentah dan dalam cangkang yang sempurna.

Baca Juga: Ini Bahaya Makan Telur Setiap Hari bagi Tubuh Kita

Langkah kedua, selubungi telur dengan selotip untuk menjaga agar cangkang telur tidak rusak saat diproses nanti. Setelah selesai, masukkan telur ke dalam stocking yang Anda miliki.

Langkah ketiga, putar-putar stocking berisi telur ini sampai bergerak seperti gasing di bagian tengan. Lakukan ini selama beberapa saat hingga rasanya posisi telur sudah berbalik.

Anda perlu menyiapkan air mendidih untuk langkah selanjutnya. Setelah air siap, masukkan telur dan rebus telur seperti biasa hingga matang. Posisi telur yang terbalik ini hanya bisa terjadi jika telur matang sempurna.

Baca Juga: Putih Telur Bisa Obati Luka Bakar, Benar atau Hoaks?

Setelah matang, Anda bisa coba mengupas kulit telur ini. Mungkin saja tidak berhasil pada percobaan pertama, Anda tak perlu ragu untuk mencobanya lagi hingga mendapatkan hasil yang sempurna.

Agar lebih optimal, Anda bisa mencobanya pada beberapa telur berbeda dan memasaknya bersamaan. Dengan begini Anda akan memperoleh hasil dari beberapa telur sekaligus dan dapatkan hasil terbaik yang muncul dari percobaan ini.

Variasi untuk Kebiasaan Makan Telur

Telur sendiri sebenarnya dapat diolah dengan berbagai cara, seperti direbus langsung, menggunakan cara untuk membalik posisi putih dan kuning telur, bahkan mencampurkan telur bagian kuning dan putih saat direbus.

Baca Juga: 15 Manfaat Telur Puyuh bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Tahu

Bahkan jika Anda ingin variasi lain selain digoreng dan direbus, Anda juga bisa mengukus telur yang sudah dicampur atau belum dicampur sekalipun. Rasanya tentu saja akan seperti telur tapi bentuk dan teksturnya dapat sedikit berubah agar terdapat variasi dan tidak membosankan.

Itu tadi sekilas cara merebus telur agar kuningnya di luar yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Claudia