blank
Bupati Grobogan Sri Sumarni melantik sejumlah , kepala sekolah dan kepala Puskesmas di Pendapa Setda Grobogan, Rabu 22 Februari 2023. Foto: Protkompim Pemkab Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Bupati Grobogan Sri Sumarni tidak ingin ada lagi berita viral tentang sekolah rusak parah apalagi sampai siswa harus belajar di teras atau luar ruangan kelas.

Sehubungan dengan itu Bupati Sri Sumarni minta kepala sekolah yang juga Korwilcam Bidang Pendidikan untuk menyusun data pokok pendidikan atau Dapodik dengan baik.

“Saya minta kepala sekolah yang juga Korwilcam Bidang Pendidikan untuk Menyusun Dapodik susun dengan baik,” kata Bupati Sri Sumarni saat melantik Kepala SD, TK, SMP di Pendapa Setda Grobogan, Rabu 22 Februari 2023.

Sebanyak 289 Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang juga Korwilcam Bidang Pendidikan yang dilantik Bupati, termasuk juga seorang Kepala TK dan Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN).

Bupati mengatakan, kepala sekolah  harus bertanggung jawab atas kualitas pendidikan. Juga harus responsif terhadap permasalahan sarana prasarana sekolah dan SDM para guru.

“Dapodik merupakan sumber data informasi sekolahan. Jadi jangan asal diisi, atau tidak dikerjakan dengan baik. Isi dengan benar dan objektif Dapodik tersebut,” jelas Bupati.

Bupati juga mengingatkan pekerjaan rumah (PR) yang ada dalam dunia pendidikan di Kabupaten Grobogan, yaknu tingginya anak tidak sekolah. “Untuk itu kepala sekolah harus bisa mencari solusi permasalahan tersebut,” kata dia.

Bupati Sri Sumarni juga meminta, Korwilcam Bidang Pendidikan dalam menjalankan tugas harus mau turun ke lapangan. “Jangan hanya percaya laporan saja, tetapi lakukan pengecekan ke lapangan. Saudara punya tanggung jawab atas baik buruknya data Dapodik,” kata Bupati.