Rektor Universitas Semarang, Dr Supari ST MT memberikan sambutan dalam Sosialisasi Kontes Robot Indonesia melalui zoom meeting. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Rektor Universitas Semarang, Dr Supari ST MT mengatakan, pihaknya menyediakan kolam renang untuk mendukung divisi baru kontes robot bawah air.

”USM menyediakan kolam renang khusus yang berada di rooftop lantai 10 Gedung Menara Prof Muladi Universitas Semarang yang sudah disurvei oleh tim dan sangat mendukung,” kata Supari dalam Sosialisasi Kontes Robot Indonesia melalui zoom meeting, Selasa (21/02/2022).

Menurutnya, Universitas Semarang selalu aktif mengikuti lomba KRI dan pernah menjadi tuan rumah KRI regional 3 dan beberapa kali meraih juara.

Kegiatan KRI merupakan wadah pengembangan kreativitas dan inovasi pada bidang robotika.

”Kegiatan seperti ini perlu kita dukung secara berkala dan memantau produk-produknya hingga pada level implementasinya di Indonesia dalam memberikan solusi untuk berbagai persoalan yang ada di negeri ini,” terangnya.

Sementara itu, Setiawan yang mewakili kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) mengatakan, tahun ini Kontes Robot Indonesia hadir dengan pembaruan divisi baru yaitu robot bawah air.

”Ini adalah wujud perkembangan dari Kontes Robot Indonesia yang menyesuaikan Indonesia sebagai negara Maritim,” ujar Setiawan.

Dia mengatakan, sosialisasi KRI diselenggarakan untuk memberikan gambaran umum bagi mahasiswa maupun pembina untuk memperoleh informasi semaksimal mungkin.

”Dalam hal ini harapannya semua elemen dapat memberikan kontribusi sesuai dengan bidangnya masing-masing,” tandasnya.

Fitri/mh