Oleh : Deny Ana I’tikafia

Divisi Lingkungan Hidup Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah, sejak 2 tahun yang lalu, telah mencanangkan Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS). Hari Peduli Sampah diperingati setiap tanggal 21 Februari,

GMPS di awal tahun ke 3 ini yaitu Selasa 21/02/2023, bertepatan jelang Musyawarah Wilayah (Musywil), yang akan diadakan di Kota Tegal Jawa Tengah besok tanggal 3 – 5 Maret 2023 , berbagai persiapan telah dilaksanakan.

Berikut ini himbauan ber GMPS dalam menyambut Musywil dan Musyda,yang diterbitkan oleh MLH Jateng yang disampaikan oleh Sekretaris MLH Jateng Agus Hardiyanto, semoga bermanfaat bagi kita semua:

Pertama : Dihimbau peserta membawa tumbler untuk wadah minum, panitia menyediakan galon dan pompa galon manual nya. Untuk 20 orang peserta dibutuhkan 0,5 – 1 buah galon. Jika ada 400 peserta perlu disiapkan maksimum 20 galon.

Kedua : Jika ingin minum teh atau kopi dipersilahkan membuat sendiri. Panitia menyediakan gelas kertas dan termos / dispenser panas dg gula dan sumpit pendek untuk mengaduk

Ketiga : Jika harus ada snack, dan atau makan siang, usahakan prasmanan dengan menu sajian lokal yang sifatnya alami seperti pisang, kacang, buah, nogosari, nasi pecel atau gudangan, teri, peyek, krupuk, (yang diambil sendiri. Insya Allah tidak tersisa sebagai limbah). Panitia menyiapkan piring kertas untuk snack dan piring kaca untuk makan.

Keempat : Jika memungkinkan backdrop nya cukup dengan tulisan yang di sorotkan di tembok.

Ke Lima :Siapkan trash bag berukuran 90 cm x 120 cm untuk menempatkan (a) sampah plastik, (b) kertas dan (c) sisa makanan (3 plastik di satu tempat)

Ke enam : Beri himbuan berkali kali untuk menyantap snack dan makanan dengan tidak meninggalkan sisa
Ke Tujuh : Beri himbauan untuk berangkat ke Musyda berjamaah (goncengan misalnya) agar jejak karbon nya rendah.

Ke Delapan :Usahakan materi Musypimda dan Musyda dikirim dalam bentuk soft file, tdk perlu di cetak.

Kita semua sudah berihtiar untuk melakukan yang terbaik, memang tidak semudah membalik tangan, dalam merubah mindset/perilaku. Butuh keihlasan tinggi untuk berusaha menjaganya, agar Muhammadiyah dan Aisyiyah dengan diselenggarakannya Musywil dilanjut Musyda yang akan datang, ikut sumbangsih minimal dalam mengurangi resiko bencana dengan ber GMPS.

Selamat Hari Peduli Sampah Nasional, Selasa 21 Februari 2023

Penulis adalah Ketua Divisi LH LLHPB PWA Jateng