Kapolres Jepara, Kadidsdikpora Jepara bersama dengan pembina Forum Osis dan peserta festival( Foto: D)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Forum OSIS Kabupaten Jepara menggelar kegiatan Festival Adat Nusantara 2023. Kegiatan yang diikuti perwakilan sekolah tingkat SMA/SMK se Kabupaten Jepara, digelar Senin (20/2/2023) di Gedung Wanita Jepara.

Dalam acara grand final ini, para peserta perwakilan sekolah diwajibkan untuk memakai pakaian adat nusantara, seperti adat Jawa, Aceh, Sumatera, Jambi, dan Kalimantan. Mereka terlihat bersemangat mengenakan beragan pakaian adat nusantara.

Festival Adat Nusantara 2023 yang digelar oleh Forum OSIS Kabupaten Jepara (Foto: D)

Ketua Forum OSIS Kabupaten Jepara Nur Afifah mengatakan, sesuai dengan tema kegiatan ini “Merengkuh Keragaman Wujudkan Harmoni Menuju Indonesia Emas 2045”, mengajak generasi muda meningkatkan kecintaan terhadap budaya bangsa. Salah satunya dengan Festival Adat Nusantara ini.

“Selain Festival adat nusantara, juga dilaksanakan Brand Ambasador 5 Anti, oleh Duta OSIS Kabupaten Jepara,” kata dia. Kelima anti tersebut, adalah anti intoleransi, anti bullying, anti pernikahan dini, anti narkoba, dan anti korupsi, tambahnya

Festival Adat Nusantara 2023 Kabupaten Jepara dan Brand Ambasador 5 Anti (Foto:D)

Pembina Forum OSIS Jepara Ida Fitrianingsih mengatakan, ini merupakan kegiatan pertama yang digagas oleh Forum OSIS Jepara. Kegiatan ini sekaligus penguatan karakter pelajar SMA/SMK se Kabupaten Jepara.
“Melihat antusias dari peserta yang mengikuti kegiatan ini luar biasa,” kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Jepara, Agus Tri Harjono mengatakan, kegiatan Festival adat nusantara ini menjadikan OSIS di Jepara selangkah lebih maju.

Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara Agus Tri Harjono (Foto: D)

“Ini bakal memacu kreativitas guna menyongsong Indonesia Emas 2045. Sebagai titik bangsa akan berdikari sebagaimana gagasan dr. Cipto Mangunkusumo, seorang pahlawan kemerdekaan yang berasal dari Jepara,” jelas Agus.

Kapolres Jepara, AKBP Warsono menjelaskan, kegiatan positif seperti ini sudah semestinya didukung secara maksimal. Karena ini yang menunjang keberlangsungan anak muda di masa yang akan datang

Hadepe-D